UPZ Kemenag Banjarnegara Tasharufkan Zakat Beasiswa Kepada Santri Tahfidz dan Siswa MIN

Banjarnegara – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mentasharufkan zakat berupa beasiswa kepada santri tahfidz dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Adapun pentasharufan zakat beasiswa ini bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara pada Rabu, (26/1).

Yuni Nur Azizah, Ketua UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dalam sambutannya menyatakan bahwa pentsharufan zakat kali berupa beasiswa kepada santri tahfidz dan siswa MIN.

“Alhamdulillah pada hari ini, kami bisa mentasharufkan 20 zakat beasiswa kepada siswa MIN dan 50 kepada santri tahfidz di Kabupaten Banjarnegara,” jelasnya.

Yuni berharap semoga zakat beasiswa ini bisa menjadi para santri dan siswa semangat dalam menempuh pendidikan, sehingga kelak bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa. Selain itu, pada kesempatan kali ini, juga diberikan bantuan untuk perbaikan madrasah MI Ma’arif Pagedongan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah gedung pendidikan yang nyaman. Alhamdulillah UPZ dapat membantu untuk perbaikan ini, walaupun jumlahnya kecil hanya 10 juta, semoga bisa bermanfaat,” ucapnya.

Sementara itu, Plt kantor kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Sumarna dalam kesempatan ini menyatakan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan, baik itu kualitas pendidikan secara fisik maupun secara ruhani.

“Bantuan beasiswa ini tentu akan memberikan semangat dan daya juang siswa maupun santri semakin melecut untuk meraih cita-citanya. Tentu nantinya dengan tercapainya cita-cita ini akan menjadikan mereka orang yang bermanfaat baik bagi bangsa maupun agama,” jelasnya.

Sumarna juga berharap agar para santri dan siswa ini untuk bisa mengolah imtak (iman dan takwa dan iptek. Karena kedua hal ini akan menjadi bangsa kita semakin maju.

Naila Muazarah, santri penerima beasiswa dari Pondok Pesantern Tambihul Ghofilin ini mengucapkan rasa senangnya karena menerima beasiswa.

“Beasiswa ini sangat bermanfaat bagi saya, bisa untuk mencukupi kebutuhan pendidilam saya selama sebulan kedepan Alhamdulillah,” pungkasnya dengan haru (ak/rf).