Audiensi JMQH Brebes Berbuah Komitmen Kebersamaan

Brebes – Jumat, 25/02/2022  Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Brebes H. Fajarin didampingi H. Faedurohim selaku Gara Zawa dan sekrerais UPZ serta Humas Kemenag Brebes di ruang tamu Kemenag Brebes  menerima  Ketua dan Sekretaris Pengurus Perempuan Penghafal Alquran telah mendeklarasikan Jam’iiyah Mudarasatil Qur’an Lil Hafidzat (JMQH)  Kabupaten Brebes,  pada awal tahun 2020 sebelum pandemic covid melanda langsung di lantik oleh ketua JMQH pusat, ibu Nyai Hj. Maftuhah Minan Abdillah.

JMQH Brebes, per Januari 2022 sudah memiliki anggota 689 orang yang merupakan hafizah  yang diketuai oleh HJ. Ulin Nuha dari Ponpes Al Bukhori Tanjung dan sekretaris dijabat oleh Rahmati alamin putri dari Pemilik ponpes Al Falaah Jatirokeh Kec, songgom Brebes.     

Hj. Ulin Nuha dalam kesempatan bersilahturahi dengan kankemenag Brebes memperkenalkan diri dan menceritakan berdirinya JMQH dikabupaten Brebes dan program-program yang sudah dan akan dilaksanakan oleh JMQH di tahun-tahun mendatang.   

Dia menambahkan, JMQH deklarasi  pertama pada 15 Rajab 1432 H atau 17 Juni 2011, sebagai bentuk keprihatinaan  banyak hafizhoh terlantar karena pertama, kesibukan rumah tangga dan urusan duniawi. Sehingga, tidak sempat bertadarrus kurang merawat hafalannya sampai ada yang hilang lupa Al-Qur’an-nya.

Nyai Hj. Ulin Nuha menegaskan, setidaknya ada empat  tujuan JMQH yakni, pertama menyatukan  dan mempererat ukhuwah antar sesama hafidzah. Kedua,  dapat istiqomah bertadarrus memelihara merawat hafalan Alquran dengan harapan menjadi hamalatal quran ila akhir hayat. Ketiga,  para hafidzah bisa berkiprah di kancah masyarakat, bergaung membawa syiar Alquran agar semarak Al-Qur’an berkibar, bersinar di persada bumi nusantara. Dan keempat, berbagi pengalaman membuka pikiran dan memperluas wawasan agar keberadaan  

“Kami memohon  dukungan dan dorongan dari Kementerian Agama Kabupaten Brebes, agar para hafidzah bisa terjaga hafalannya sepanjang masa dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga, para perempuan penghafal Alquran akan bertambah wawasan, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat, serta semakin semangat membaca Al-Qur’an. Kalau mereka membaca sendirian biasanya malas, sehingga dengan berkumpul seperti ini akan bersemangat,” permohonan Perempuan penghafal 30 Juz yang memiliki anak 7 orang yang semunya penghafal Al Quran. 

Kepala Kantor Kemeneg Brebes H. Fajarin mengungkapkan, “Kami sangat senang dan berbahagia atas kunjungan  dan silahturahim ibu-ibu penghafal Al Quran semoga membawa berkah bagi kabupaten Brebes, Kementerian Agama Kabupaten Brebes akan berkomitman memberikan dorongan baik moril maupun material sekemampuan  Kementerian  Agama Kabupaten Brebes. Melalui program Kemenag Taqwa yang di kelola oleh UPZ guna menyemarakan syiar Islam dan membumikan Al Quran di Brebes,” ungkap H. Fajarin.(Hid/Sua).