Kolaborasi Seksi PD. Pontren Pemalang dan Kemenag Brebes

Brebes, sebagai suatu lembaga yang menginginkan adanya percetapan dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, diperlukan adanya sistem dan kesiapan SDM dalam mengelola suatu program dan kesiapan mental dan profesionalitas dalam bekerja guna  mendukung efektifitas  dan efesiensi dalam sebuah pekerjaan sehari-hari. 

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Brebes menerima Kasi dan Pelaksana Seksi PD. Pontren Kankemenag Pemalang, Selasa, 22/02/2022  yang bersilahturahim dan berdiskusi  berbagai hal tentang aktifitas dan layanan yang diberikan oleh seksi PD. Pontren Kabupaten Brebes, di terima di ruang tamu dan diskusi serta tukar pengalaman dilaksanakan di ruang Seksi PD. Pontren Kankemenag Brebes.

Kepala Kemenag Brebes, H. Fajarin  mengungkapkan bahwa rasa senang dan berbahagia atas kedatangan tamu dari kankemenag Pemalang, Beliau berharap dengan silahturahim ini, dapat menambah soliditas dan kerjasama untuk mewujudkan pendidikan Pesantren, Diniyah, TPQ dan PAUDQU yang ada di kedua kabupaten  yaitu Brebes dan Pemalang.

“Pendirian PAUDQU di Brebes merupakan hasil study banding ke Wonosobo, dari hal  tersebut seksi PD. Pontren Kemenag Brebes mensosialisasikan ke masyarakat dan direspon baik dan banyak peminat, setelah diseleksi lembaga mana yang siap dengan daya dukung yang dimiliki seperti tanah, gedung, SDM, sarana prasarana dan Alat Peragaan  Edukasi (APE) di putuskan 8 lembaga yang diberikan Ijin operasional mendirikan PAUDQU.” Demikian cerita awal berdirinya PAUDQU di Brebes, beber pria yang pernah menjabat Kasubbag TU di Kemenag Pemalang.

H. Fajarin menjelaskan bahwa kurikulum dan kalender akademik pendidikan yang berlaku masih bersifat mandiri yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi keberadaan wilayah PAUDQU itu berdiri, mengingat belum adanya regulasi dari Kemenag RI.

Belau berharap pendidikan formal PAUDQU menjadikan pendidikan usia dini dengan nuasa agamis dan qurani, semoga menjadi idola dan pilihan masyarakat dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.

Sementara Chanifuddin  selaku Kasi PD. Pontren Kemenag Pemalang mengucapkan banyak terima kasih atas diterimanya silahturahim ini, semoga kedepanya dapat lebih menjalin kerjasama yang intens untuk sama-sama memajukan lembaga keagamaan diluar madrasah formal di Brebes dan Pemalang.

Acara yang dilaksanakan dengan suasana santai, selain ingin mengetahui tentang perkembangan PAUDQU di Brebes, Chanifudin dan Ahmad Muzakky diruang seksi PD. Pontren berdiskusi mengenai inovasi SIPIJOP yang sudah dilakukan di Seksi PD Pontren Kankemenag Brebes.

Sebagai Kasi PD. Pontren, Chanifudin menyebut bahwa kunjungan ke Brebes adalah belajar bagaimana tataran teknis program PaudQu yang ada dan sudah di berjalan di Brebes, dan gambaran lengkap inovasi SIPIJOP yang didapatkan untuk nantinya  diadopsi dan diadaptasikan dengan situasi dan kondisi yang ada di Pemalang.(Hid/Sua).