Kompak dan Semarak, Mandubes Expo Campus 2022

Brebes – MAN 2 Brebes kembali menggelar  acara Career Day yang dikemas dalam  MANDUBES EXPO CAMPUS 2022. Setelah melewati masa pandemi covid 19 yang cukup melelahkan akhirnya kegiatan rutin ini terselenggara secara offline dengan tetap memperhatikan prokes.

Semarak dan kompak, itulah yang terlihat pada kegiatan expo campus Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes. Tak hanya siswa dan dewan guru, para alumni juga tidak kalah antusiasnya menyukseskan acara tersebut. Bahkan, para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni MAN 2 Brebes (IKAMANDUBES) yang tersebar di berbagai kampus di tanah air, baik negeri maupun swasta pun bergerak mendampingi dan menjadi garda terdepan dalam kegiatan expo campus untuk adik-adik kelasnya. Rabu, (2/2/2022).

Kepala MAN 2 Brebes, Luthfil Hakim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Career Day Bimbingan Konseling (BK) bersama alumni, untuk membantu siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,  dengan harapan mereka termotivasi  lebih kuat untuk menentukan pillihan terbaik  karena menyangkut masa depan pendidikan mereka.

“Tahun ini ada sekitar 85 % siswa kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan  ke jenjang perguruan tinggi, adanya expo mereka dapat menanyakan hal sedetail mungkin tentang kehidupan di perguruan tinggi,” kata beliau.

Kegiatan expo campus  yang dimotori oleh BK ini  mengambil tema “Your Choice Determine Your Future”  berjalan sukses. Sebanyak 28 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta  yang tersebar di Jawa, DIY dan DKI ikut memeriahkan acara yang dipusatkan di  halaman madrasah tersebut. Ke-28 perguruan tinggi tersebut di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Jendral Soedirman (Unsoed),   UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, Politeknik, Poltekses, STIKES dan  beberapa perguruan tinggi lainnya.

Sayyidatur Rahma salah satu siswa yang mengunjungi  stand Undip  menyampaikan bahwa Mandubes Expo Campus  sangat menyenangkan, dan memotivasi dalam rangka menggali informasi secara langsung sekaligus membuka wawasan  kami tentang dunia kampus.

“Saya sangat senang dan semangat  dengan kegiatan expo campus. Hal ini menjadi motivasi tersendiri buatku, impian untuk  melanjutkan studi ke  universitas yang diidamkan  kian mantap,“ ujar Ayi begitu dia biasa disapa dengan mata berbinar.

Sementara itu, Faisal Fakih, koordinator alumni Mandubes yang menggawangi juga kegiatan ini berharap agar para siswa kelas 12 yang menjadi sasaran utama acara ini betul-betul memanfaatkan kegiatan ini sebagai persiapan yang sangat bagus untuk mematangkan jurusan  mana yang kelak akan dipilih dan dimasuki, lalu benar-benar serius menekuni jurusan tersebut.

Di penghujung acara, kegiatan makin meriah  saat berbagai hiburan seperti band dan drama disuguhkan, dengan tepuk tangan kegembiraan saat  pengumuman  kreasi anak berupa pohon karier kelas 12 juga diumumkan sebagai juara berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan sebelumnya.(ESW/Sua)