Membentuk Calon Pemimpin yang Berkualitas, MTsN 3 Banjarnegara adakan LDKS

Banjarnegara – Siswa adalah bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karenanya kita harus mendidiknya dengan baik, memberikannya pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan mereka menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa. Dalam tujuan mewujudkan hal tersebut MTs Negeri 3 Banjarnegara mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu, tanggal 19 sampai Minggu, 20 Februari 2022, untuk hari pertama bertempat di MTs Negeri 3 Banjarnegara dan hari kedua di area perbukitan Dusun Gendani, Desa Badamita, Kecamatan Rakit .

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) mengusung tema “Membentuk Kader-Kader Pemimpin yang Berkualitas Akademis, Berkompeten, Bertanggung Jawab dan Berdedikasi”. Diharapkan dengan diadakanya kegiatan LDKS tersebut dapat mencetak generasi muda yang berkarakter sesuai tema yang di usung. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), kepramukaan, dan PMR.

Dalam kegiatan LDKS tersebut di ikuti oleh 66 peserta yang diantaranya 22 anggota OSIM, 22 anggota Pramuka, dan 22 anggota PMR. Semua peserta telah di cek dahulu kesehatanya sebelum mengikuti kegiatan.

Acara di buka oleh Akhun Sobari, sebagai Waka Kurikulum. Dalam sambutanya beliau menyampaikan LDKS merupakan sarana peserta didik untuk mengembangkan bakat pada setiap siswa khususnya dalam melatih diri menjadi pemimpin dan berlatih berorganisasi,

“Di jaman sekarang ini siswa juga harus melek digital dan bisa menyaring informasi yang benar dan palsu, karena jaman sekarang ini dengan mudahnya kita mendapat informasi juga banyak informasi-informasi palsu yang kadang di percayai begitu saja. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa sebagai calon pemimpin masa depan selain memiliki kualitas juga bijak dalam menerma dan memberikan informasi,” terangnya.

Sidik Wibowo Akhmad selaku Plt kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara dalam sambutanya pada prosesi pelantikan pengurus OSIM, Pramuka, dan PMR menyampaikan semoga setelah mengikuti kegiatan ini bisa diterapkan dalam kegiatan.

“Untuk pengurus OSIM, Pramuka, dan PMR yang baru saja di lantik, kalian telah mengikti Pelatihan Kepemimpinan Dasar yang dimulai kemarin dan selesai hari ini di harapkan ilmu yang baru saja kalian dapat bisa berguna dan bisa terapkan dalam kalian berorganisasi, dan setelah kalian mengikuti pelatihan tersebut kalian bisa menjalankan organisasi dengan baik dan diharapkan organisasi OSIM, Pramuka, dan PMR MTs Negeri 3 Banjarnegara semakin maju dan bermanfaat khususnya di lingkungan madrasah kita,” tutupnya. (ar/ak/rf)