MIMAU Sosialisasikan Ujian Madrasah Kepada Walimurid Kelas VI

Banjarnegara, MIMAU (MI Maarif Unggulan) Al Falah Joyokusumo mengadakan rapat Walimurid Kelas VI, Sabtu (26/2). Rapat ini dilaksanakan di ruang aula madrasah dalam rangka menyiapkan Ujian Madrasah. Sosialisasi UM (Ujian Madrasah) tahun pelajaran 2021- 2022 disampaikan oleh Kepala Madrasah, Wahyul Khomisah.

Dalam Sosialisasi UM, Wahyul menyampaikan bahwa Ujian Madrasah kelas VI insya Allah akan dilaksanakan 11-18 Mei 2022 yang akan datang. Meskipun  kurang dua bulan, menurutnya harus ada persiapan – persiapan yang matang.

“Mari bapak Ibu semua, kurang dua bulan lagi anak – anak kita menghadapi UM, mulai dari sekarang harus sudah menyiapkan segala sesuatunya baik fisik maupun mental. Secara fisik, anak – anak diupayakan selalu menjaga Kesehatan. Di samping itu perlu diadakan jadwal penambahan belajar bersama guru, mengingat pandemic ini waktunya relative sebentar belajar di madrasah,” tutur Wahyul.

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa UM dilaksanakan memiliki tujuan untuk mengukur capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Kita telah mengetahui bersama  kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah terdiri dari beberapa macam, yaitu Penilaian Harian (PH), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Madrasah (UM). 

Pada Ujian Madrasah ini meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM ini sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. UM ini berupa Ujian Tertulis dan Praktik.

“Materi UM tetap mengacu pada Kurikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi, untuk mata pelajaran umum. Sedangkan untuk pelajaran Pendidikan Islam dan Bahasa Arab mengacu KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama dan Bahasa Arab di Madrasah. Pelaksanaan Ujian Madrasah merujuk pada POS UM 2022,” pungkasnya (wk/ak/rf)