MTs. Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Gelar Rapat Persiapan UM, PAT dan PTS

Banjarnegara – Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) dan  Penilaian Akhir Tahun Untuk Kelas IX serta Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022, MTs. Riyadush Sholihin Purwareja Klampok gelar rapat persiapan. Rapat persiapan UM, PAT dan PTS dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah A. Mukiban dan diikuti oleh semua dewan guru dan karyawan Tata usaha. Rapat dilaksanakan mulai pukul 09.00 s.d selesai di ruang guru MTs. Riyadush sholihin, Sabtu (12/02).

Rapat persiapan UM, PAT dan PTS merupakan agenda yang sangat penting bagi peserta didik, madrasah, dan semua pihak terkait. Dalam pengantarnya, Kepala Madrasah menyampaikan agar seluruh warga Madrasah dapat melaksanakan UM, PAT dan PTS secara maksimal.

“Pelaksanaan ujian tahun ini cukup fleksibel mengingat kebijakan pemerintah pusat yang telah menghapus ujian nasional. Madrasah dapat melaksanakan penilaian secara mandiri dan menentukan kelulusan peserta didik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Baik itu ujian praktik maupun ujian madrasah,” ungkap A. Mukiban.

“Dan untuk PTS yang dilakukan pada kelas VII dan VIII agar sekiranya dewan guru dapat berkoordinasi bersama dalam pelaksanaannya sehingga dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” ucapnya.

Rasimun, selaku wakil kepala bagian kurikulum MTs. Riyadush sholihin Purwareja Klampok memaparkan teknis pelaksanaan PTS untuk kelas VII dan VIII dan PAT maupun UM bagi siswa/i kelas IX.

“Pelaksanaan ujian madrasah akan dilaksanakan mulai tanggal 1 -10 April dengan siswa dibagi menjadi dua kelas dan masing-masing dengan satu pengawas. Sedangkan untuk ujian praktik madrasah akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 27 Maret 2021 sebelum ujian madrasah,” ungkap Lahmudin.

“PTS kelas VII dan VIII dilaksanakan bersamaan dengan PAT kelas IX yang mana pelaksanaannya dilakukan secara fleksibel mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan karena masih tatap muka terbatas jadi moda yang dipakai adalah moda daring (online) semua siswa diwajibkan membawa HP setiap mengikuti tes atau ujian.

PTS dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama diberlakukannya pembelajaran tatap muka terbatas.

A. Mukiban menjelaskan soal yang di buat harus sesuai dengan apa yang sudah di ajarkan. Diharapkan agar seluruh dewan guru segera mempersiapkan soal-soal yang akan diujikan. Selain itu, setiap guru harus selalu mengontrol kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nantinya.

“Dengan cukup padatnya jadwal kegiatan-kegiatan madrasah, diharapkan seluruh guru dan staf harus mampu mempersiapkan pelaksanaan PTS, PAT dan UM secara maksimal,” ucap A. Mukiban.

Di akhir rapat disampaikan hasil evaluasi kinerja guru dan karyawan terkait dengan dokumen administrasi guru sera evaluasi pembelajaran, evaluasi tersebut difokuskan  demi meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Diharapkan agar seluruh elemen madrasah dapat bekerja sama membangun MTs. Riyadush Sholihin Purwareja Klampok dalam mencapai target yang sudah ditentukan bersama, dan demi madrasah supaya lebih maju lagi serta supaya lebih dapat  melayani kebutuhan masyarakat. (ak/rf)