Pentasyarufan UPZ Kemenag Brebes di LBPI Annur Jatibarang

Brebes – UPZ (Unit Pengumpul Zakat)  Kemenag Brebes memberikan sembako dan uang kepada 30 Mustahik di desa Kedung Tukang Kec. Jatibarang bagi masyarakat yang  kurang mampu.

Penyerahan dilaksanakan di Lembaga Bimbingan Pendidikan Islam (LBPI) dusun Petukangan Desa Kedung Tukang Jatibarang, Jumat, (25/03/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut, Pengasuh LBPI Jatibarang, Kapolsek Jatibarang kepala  desa dan kepala Dusun Kedung Tukang dan sejumlah tokoh agama setempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Brebes, H. Fajarin menjelaskan, kegiatan ini merupakan pengajian sekaligus penyerahan/pentasyarufan dana zakat, infak, dan sedekah, yang dihimpun dari para ASN Kemenag Brebes melalui UPZ Kemenag Brebes.

“Saya doakan semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat ini bisa membawa berkah  bagi ibu-ibu sekeluarga  dan semua yang hadir pada hari ini, dan dapat memanfaatkan dan mengambil ilmu sebanyak mungkin yang diajarkan LBPI dan pentingnya  memberikan pondasi agama bagi putra-putri ibu hadirin,” ungkapnya.

Beliau menjelaskan Pentasyarufan kali ini dibiayai oleh UPZ yang diberikan kepada masyarakat sesuai kemampuan atau dana yang terkumpul guna disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. Seperti hari ini yang akan diterima oleh 30 orang mustahik berupa sembako dan sedikit uang untuk jajan anak-anak berdasarkan permohonan atau permintaan LPBI.

Ibu Fatimah, salah seorang dari 30 mustahik yang menerima pentasyarufan dari UPZ Kemenag Brebes berkata, “Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian kemenag Brebes, kepada kami semua, semoga bapak dan ibu  pegawai Kementerian Agama Kabupaten Brebes selalu diberi kesehatan dan keselamata, sehingga  dapat lebih banyak lagi membayar zakat bagi orang seperti saya yang kekurangan,” katanya sambil mengedong anak yang masih balita.

Rangkaian acara pentasyarufan yang dimulai dari sambutan-sambutan dan maedoh hasanah oleh Kankemenag Brebes dan diakhir dengan doa oleh ulama setempat dan penyerahan santunan kepada ke 30 mustahik yang hadir.(Hid/Sua)