Penyerahan Annual Report LAZIS Sultan Agung Kepada Kemenag Kota Semarang

Semarang, Annual Report merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang telah diraih oleh sebuah lembaga dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini berisi data dan informasi akurat mencakup laporan keuangan, prestasi dan kinerja organisasi selama tahun tersebut.

Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Sultan Agung (LAZIS SA) sebagai salah satu LAZ di Kota Semarang menyerahkan Annual Report Tahun 2021 kepada Kementerian Agama Kota Semarang, Kamis (17/2) diterima oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf Cholidah Hanum di ruang kerjanya.

Aris Nugroho, Manajer Penghimpunan dan Komunikasi LAZIS SA menyampaikan laporan tahunan bertajuk Annual Report LAZIS Sultan Agung 2021 sebagai bentuk laporan kepada instansi, lembaga terkait dan juga kepada masyarakat khususnya para muzakki yang telah memberikan kepercayaan kepada LAZIS Sultan Agung.

“Laporan atas pengelolaan dana yang telah diterima dan tersalurkan dalam tahun 2021 ini antara lain berisikan realisasi program tahun 2021, sebagai tolok ukur pencapaian target program kerja yang sudah terlaksana dan juga sebagai bahan evaluasi serta sarana informasi semua pihak utamanya para donatur yang menyalurkan dana ZIS melalui LAZIS Sultan Agung,” terang Aris Nugroho.

Ditambahkannya, LAZIS Sultan Agung dulunya bernama Lembaga Pengembangan Dana Umat Sultan Agung (LPDU-SA) didirikan pada bulan Ramadan 1423H (2002) berkonsentrasi pada lima Program Khidmah Utama, Bidang Dakwah, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Sosial Kemanusiaan. 

“Lima Program Khidmah LAZIS SA direalisasikan dalam berbagai kegiatan antara lain santunan mu’allaf, pembagian zakat fitrah, bisyaroh guru TPQ, beasiswa anak asuh dan beasiswa mahasiswa kurang mampu. Disamping itu ada juga kegiatan Posko Kesehatan dan Jum’at Sehat , santunan dhu’afa, bantuan bencana alam serta bantuan lansia produktif,” urai Aris.

LAZIS SA yang saat ini dipimpin oleh Hasanudin sebagai Direktur, bervisikan menjadi Lembaga Amil Zakat yang amanah dan profesional dilandasi nilai-nilai Islam dalam rangka mewujudkan  kesejahteraan dan kemandirian umat yang dirahmati Allah SWT

Penyelenggara Zawa Kankemenag Kota Semarang Cholidah Hanum mengapresiasi kiprah dan kinerja LAZIS Sultan Agung dengan berbagai program kerja yang telah dilaksanakan dan dapat bermanfaat bagi mustahik.

“Program –program strategis yang bermanfaat dan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat saat ini merupakan kebutuhan. Tata kelola LAZ menjadi lembaga yang profesional dengan transparansi manajemen akan menjadikan LAZ sebagai lembaga berakuntabilitas dan bermanajemen modern,” kata Hanum.

Dirinya berharap LAZ yang ada di Kota Semarang dapat bersama-sama Kementerian Agama Kota Semarang dalam mengentaskan kemiskinan menuju kemandirian, menggugah kesadaran berzakat bagi para aghniya’ untuk peduli dengan sesama.

LAZIS Sultan Agung merupakan salah satu LAZ Kota Semarang yang secara legal formal telah mendapatkan ijin operasional berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah nomor 2804 Tahun 2019. “Apresiasi dan terima kasih kepada semua pengurus dan jajarannya atas partisipasi dan peran serta LAZIS Sultan Agung dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kepedulian serta meringankan beban sesama Kita. Kepada para relawan, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan ladang ibadah yang mendapat pahala Allah SWT, amin”, pungkas Hanum. (Hanum/bd)