3 MIS Siap Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing  Bagi Siswanya

Brebes – Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ketiga MIS di wilayah Desa Dukuh Turi Kecamatan Ketanggungan di laksanakan pada Selasa, 15/03/2022 bertempat di MIS Darul Ulum Desa Dukuh Turi Samping Jembatan layang Dermoling.

Tim Penilai PKKM terdiri Pengawas senior H. Lahmudin dan  H. Nurhadi diruang Aula MIS Darul Ulum 1 yang diikuti oleh para wakil Kepala dan berapa guru perwakilan dari ke 3 MIS tersebut yaitu MIS Darul Ulum 1 dan 2 serta MIS Bustanul  Nasihin.

PKKM yang dilaksanakan di Aula MIS Darul Ulum 1  Brebes dengan dihadiri dewan guru dan pegawai administrasi perwakilan dari ke 3 MIS diatas, tim penilai terdiri atas 2 orang pengawas madrasah yang disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Brebes dan Kasi Penma.

Acara pembukaan dimulai dari sambutan kepala madrasah,  Ilham dengan mengucapkan selamat datang serta mohon arahan dan bimbingan dari Kepala  serta tim Penilai Bapak H.Lahmudin dan Bapak H. Nurhadi.

H. Imam Ghozali dalam sambutan memberikan motivasi dan  mengapresiasi dengan kesiapan berkas oleh madrasah masing-masing, “Saya mengapresiasi atas kinerja madrasah, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan cukup bagus sesuai instrument PKKM semoga ini dapat ditingkatkan kedepanyan,” ucap Imam Ghozali.

Ketiga MIS di Desa Dukuh Turi berusaha menyuguhkan kegiatan terbaik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MIS.

H. Fajarin dalam arahnya mengungkapkan pentingnya  kepala madrasah dan para guru serta tenaga administrasi senantiasa mengimplementasiakan tagline, Madrasah lebih Baik lebih baik,  Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi  dan dapat mewujudkan core values ASN Ber-AKHLAK (Akuntabel, Kompentsi, Harmonis, Loyal, Integritas, Adaftif dan Kolaboratif) dan senantiasa menjaga marwah sebagai ASN Kementerian Agama sebagai penjaga moral dan benteng Akhlak dari masyarakat.

“Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Sebagai cerminan mutu dan kualitas suatu madrasah, apabila penilaian PKKM baik maka bisa dipastikan madrasah tersebut di kelola dengan baik dan dapat menghasilkan output dan outcome yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung melalui sikap dan akhlak para siswa yang sekolah di madrasah tersebut,” ungkap H. Fajarin.

“Dan jangan lupa kepada tim penilai bapak-bapak pengawas dalam memberikan penilain seobjekif mungkin, hal ini merupakan sarana evaluasi bukan saja penilaian terhadap kepala madrasah saja tetapi juga penilaian terhadap Madrasah secara keseluruhan dengan harapan akan dapat meningkatkan produktifitas  dan daya saing bagi murid-murid dan memperoleh kondisi riil sebagai bahan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang ada dimadrasah ini,” pungkasnya.

Acara di akhiri dengan foto bersama kepala dan hadirin yang ada di acara PKKM tersebut.(Hid/Sua)