Kepala MTsN 1 Selaku Pembina Koperasi Berharap Besar pada Kepengurusan Baru

Semarang, Rapat Anggota Tahunan atau yang biasa disingkat dengan RAT telah dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Semarang pada Selasa (29/3).

Kegiatan RAT dilaksanakan dengan jumlah anggota lebih dari 90%. Kegiatan berlangsung lancar dan tertib serta penuh rasa kekeluargaan diantara para anggota. Laporan pertanggungjawaban dipimpin oleh Suwahir, selaku Ketua Koperasi/UPES yang sebelumnya telah melalui koreksi dan pengamatan oleh Pengawas Koperasi, dan telah diterima dengan baik oleh seluruh anggota koperasi.

Kegiatan koperasi di MTs Negeri 1 Semarang memiliki beberapa unit diantaranya Unit UPES (Unit Pembelajaran Ekonomi Siswa), Unit Simpan Pinjam, dan Unit Kemitraan.

Meskipun di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, kegiatan koperasi tetap berjalan meskipun kurang optimal, tetapi masih dapat memberikan kesejahteraan bagi anggotanya walaupun tidak seperti keadaan normal.

Berapapun perolehan kesejahteraan bukanlah hal yang utama, tetapi bagi anggota koperasi MTs Negeri 1 Kota Semarang, kebersamaan itulah yang diutamakan.

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan di MTs Negeri 1 Kota Semarang di tahun 2022 ini juga melakukan regenerasi kepengurusan dengan kriteria diantaranya calon pengurus harus memiliki integritas yang tinggi, memiliki managerial yang baik, usia maksimal 57 tahun, dan belum pernah menjadi pengurus koperasi di MTs Negeri 1 Kota Semarang.

Pemilihan kepengurusan koperasi di MTs Negeri 1 Kota Semarang berjalan dengan baik, lancar, dalam suasana bermusyawarah yang penuh dengan kebersamaan dan kekeluargaan.

Ketua terpilih, Agus Sukoco, dalam sambutannya menuturkan bahwa perlu kerjasama di antara semua guru dan karyawan untuk membesarkan koperasi.

“Mohon kerja sama semua pihak untuk mengembangkan koperasi kuta, apalagi saya belum pernah menjadi pengurus koperasi,” tutur Agus Sukoco.

Melengkapi kepengurusan dipilihlah tim formatur untuk menyusun nama-nama pengurus lainnya.  Dari hasil kesepakatan maka ditetapkanlah Nascihin sebagai sekretaris, dan Lilik Widayanti sebagai bendahara dalam kepengurusan yang baru.

H. Kasturi, selaku Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang, yang juga menjadi pembina koperasi di MTs Negeri 1 Kota Semarang dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kepengurusan koperasi yang baru mampu meningkatkan kesejahteraan anggota serta keberaamaam dan kekompakan anggotanya.

“Saya berharap kepengurusan Koperasi yang baru ini, tidak hanya memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, tapi juga lebih meningkatkan kebersamaan dan kekompakan,” tutur Kasturi.

”Semoga kepengurusan koperasi MTs Negeri 1 Kota Semarang di tahun 2022 bisa berinovasi, memanage koperasi lebih baik, memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, sekaligus dapat memberikan pembelajaran berkoperasi yang baik bagi peserta didik MTs Negeri 1 Kota Semarang,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, ia bangkitkan semangat peserta RAT dengan meneriakjan yel-yel MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Hidup MTsku, hidup madrasahku. Madrasah yang mandiri dan berprestasi,” teriaknya dengan semangat yang menggelora dan disambut tepuk tangan oleh seluruh peserta RAT.(Humas Emtessa/NBA/bd)