KKG PAI Kecamatan Brebes Siap Tingkatkan Profesionalitas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Pada Kamis, 10/03/2022 KKG. PAI SD kecamatan Brebes menyelenggarakan Rakor yang bertujuan untuk  meningkatkan Mutu dan profesionalitas pendidikan  bagi  siswa-siswi terutama pada mata pelajar PAI SD di kecamatan Brebes, bertempat di Aula Dindikpora  Pemda Brebes.

Peserta Rakor sebanyak 40 orang peserta yang merupakan para guru PAI di kecamatan Brebes dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga, diharapkan tidak menjadi media penularan dan penyebaran covid-19  varian omicron di masyarakat.

Kepala Seksi PAIS H. Syauqi Wijaya mewakili Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Brebes memberikan arahan agar rakor ini dapat menghasilkan peningkatan mutu dan profesionalisme bagi guru-guru di dalam proses pendidikan dan pengajaran PAI yang dirasakan oleh para guru PAI di Kecamatan Brebes.  

Selain itu para guru dituntut untuk bisa menyingkapi  pemberlakukan kurikulum Prototype dan guru sebagai Aparatur Sipil Negara harus dapat mengimplementasikan nilai utama Ber-AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Berkolaborasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarat serta adaptif dengan kearifan lokal yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai  keislamanan.

“Berkaitan dengan Sertifikasi atau TPG (Tunjangan Profesi Guru), Kemenag Brebes berusaha mengawal dan jangan lupa agar setiap guru  PAI khususnya yang ada dikecamatan Brebes untuk dapat mengakses data secara online sebagai sarana validasi dan keakuratan data,  Bapak dan ibu guru yang hadir pentingnya mengefektifkan pendataan guru PAI melelui apalikasi EMIS PAI dan SIAGA serta  memperkuat  KKG PAI sebagaimana sarana belajar bersama dengan lebih memfokuskan pada Pengembangan Keprofesian Guru PAI, melalui  kegiatan peningkatan kompetensi guru memajukan mutu dan pemerataan  kualitas pendidikan PAI,” jelas H. Syauqi

Ketua KKG. PAI Kec. Brebes Mohammad Toha  menjelaskan bahwa guru-guru PAI harus mampu memanfaatkan akun belajar.id dan  bersiap untuk berinovasi dalam proses pembelajaran PAI kepada para siswa dengan menekankan pada aspek pemahaman siswa, dan memberikan teladan yang tak kalah pentingnya adalah pembiasaan  dalam kegiatan sehari-hari, dengan harapan  hal tersebut akan menumbuhkan sifat dan perilaku siswa  yang berakhlakul karimah.(Hid/Sua).