Madrasah Hebat Bermartabat Menjadi Komitmen 2 MI di Luwungragi Bulakamba

Brebes ~ Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Drs. H. Fajarin, M.Pd, Senin hari ini, 07/03/2022 meyaksikan secara langsung dan memberikan arahan dalam pemaparan hasil Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dan penilaian Asesmen Pendampingan Madrasah (ASPENMAD) dari para pengawas madrasah. Acara dilaksanakan di MI   Mansyaul Ulum 2   Desa Luwungragi dan MI Bahrul Ulum Kertasari Desa Luwungragi Kec. Bulakamba.

Kegiatana PKKM yang dilaksanakan oleh pengawas Dabin wilayah Kecamatan Bulakamba dengan kepala madrasah di kedua MIS tersebut yang didampingi oleh guru-masing-masing berjumlah 21 orang.

Dalam Kesempatan tersebut, Pengawas daerah binaan Kec. Bulakamba H. Lukman Hakim berharap dalam rangka menghadapi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), Pengawas pembina, mengadakan pembinaan kepada Bapak/Ibu guru maupun staf TU yang tergabung dalam tim-tim yang akan melengkapi berkas-berkas dalam penilain kinerja kepala madrasah.

H. Fajarin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  mengatakan, “Di masa sekarang madrasah dengan tuntutan yang semakin komplek di masyarakat, diperlukan adanya kurikulum ideal Mapel Pendidikan Agama Islam dalam memberikan pendidikan akhlak dan karekter kepada para siswa-siswi di madrasah membentuk karekater serta sikap dan prilaku para siswa dengan memegang teguh nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, sehingga madrasah tersebut mendapatkan kepercayaan serta legitimasi dari masyarakat sekitar maupun secara luas,” jelasnya.

“Dengan tagline “Madrasah Hebat Bermartabat” diperlukan peningkatkan pemerataan mutu dan kualitas madrasah yang ada, maka senantiasa agar mewujudkan program sahabat madrasah dengan harapan madrasah-madrasah yang ada memiliki mutu dan kualitas yang setara dengan dibuktikan perolehan prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik sehingga mampu berkompetisi dengan sekolah-sekolah lainya,” tambahnya.

Bagi kepala, guru-guru serta pengelola madrasah agar senantiasa adaptif dan kolaboratif  dalam membangun jejaring kesemua lini, baik kepada wali murid, tokoh masyarakat dan eleman masyarakat lainya, sehingga madrasah tersebut dapat mewujudkan visi dan misinya yang merupakan adaptasi dari visi-misi Kemenag RI trutama pada poin ke 4 dan 5.

“Tujuan dari kegiatan ini merupakan salah satu penilaian kinerja kepala madrasah, dengan diharapkan agar  para kepala madrasah yang di evaluasi apakah sudah memenuhi standar  atau kualitas sebagai seorang manajer yang handal dalam menggelola madrasahnya sehingga madrasah tersebut apakah sudah bermutu dan berkualitas baik, dimana nilai seorang kepala madrasah adalah cermin kualitas dari madrasah yang dipimpinya,  dengan bukti tertib administarsi, kedisiplinan tinggi dan capaian prestasi yang diakui dan membanggakan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu PKKM merupakan sarana menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi kepala madrasah. Menjaring informasi sebagai bahan pengambilan keputusan dalam menetapkan efektifitas kinerja dan pertimbangan untuk penugasan kepala madrasah.

Berdasarkan hasil pembinaan ada beberapa point yang harus dilengkapi oleh masing- masing tim agar pelaksanaan PKKM berjalan lancar dan memperoleh nilai yang memuaskan. “Penilaian Kepala Madrasah ini semoga dapat dilakukan secara berkesinambungan, terukur, dan terjadwal, tidak mendadak, karena dokumen atau data fisik di madrasah tidak semuanya dalam kondisi lengkap atau siap, yang kami harapkan kedua  madrasah mampu mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat,” kata Lukman Hakim. 

Acara pembinaan PKKM selesai pukul 16.00 WIB. semoga dengan diadakannya pembinaan dapat meminimalisir kekurangan kelengkapan berkas dalam rangka penilaian kinerja kepala madrasah ditahun-tahun mendatang sehingga akan diperoleh nilai yang memuaskan.(Hid/Sua).