Monitoring Ujian Madrasah di MTsN 4 Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Brebes datang bersama tim monev, berkunjung ke MTsN 4 Brebes dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ujian Madrasah (UM) tahun pelajaran 2021/2022 pada hari Selasa, 22/03/2022.

H. Fajarin selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Brebes  sebagai ketua Tim Monev dan H. Imam ghozali sebagai anggota tiba di MTsN 4 Brebes, dan disambut oleh kepala MTsN 4 Brebes H. Syamsul dan semua unsur pimpinan dan panitia UM di ruang Panitia Ujian Madrasah.

Tim Monev memeriksa kelengkapan administrasi UM, daftar hadir panitia, pengawas, dan daftar hadir peserta. Selain itu Tim juga meninjau langsung pelaksanaan UM kedalam ruang ujian. Tim Monev Kemenag itu juga mengapresiasi kinerja panitia dan pengawas UM MTsN 4 Brebes  karena menurut pantauannya UM cukup berjalan baik dan lancar serta dikelola secara profesional dan proposional.

H. Fajarin juga menyinggung tentang Validitas soal sejauh mana relevansi antara Kisi-kisi dengan soal yang diujikan redaksi bahasa, stimulus, nilai literasi, Hots dan tingkatan soal yang diujikan. Selain itu Reliabilitas soal artinya sejauh mana pengukuran dari suatu tes tetap konsisten setelah dilakukan berulang-ulang terhadap subjek dan dalam kondisi yang sama. Soal tersebut bisa dilakukan perbandingan mulai dari antar kelas, antar madrasah maka dari hasil didapatkan siswa akan terlihat tinggi, sedang, dan rendahnya soal yang dibuat oleh guru maple yang bersangkutan.

H. Syamsul Maarif, selaku Kepala MTsN 4  Brebes mengucapkan, “Kami sangat berterima kasih kepada Kepala Kantor dan Tim Monev Kemenag Brebes atas kunjungan, arahan, pembinaan, dan petunjuk teknis dalam pelaksanaan UM di madrasahnya. Semoga UM tahun ini akan lebih berkualitas dan bermutu dari tahun-sebelumnya,” ucap Syamsul.(Hid/Sua).