MTs N 4 Banjarnegara Undang Wali Siswa Sosialisasikan UM 2022

Banjarnegara – Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022,  MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan sosialisasi Ujian Madrasah kepada orang tua dan wali siswa kelas IX, bertempat di aula madrasah, Selasa (8/3) pukul 09.00 WIB. Acara sosialisasi diawali dengan sambutan kepala madrasah, Sidik Wibowo Akhmad adapun materi sosialisasi Ujian Madrasah disampaikan oleh wakil kepala madrasah bidang humas, Taufik. Karena masih dalam masa pandemi, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan menerapkan  protokol kesehatan secara ketat.

Dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan bahwa ujian madrasah merupakan akhir dari serangkaian proses pembelajaran. Siswa dinyatakan lulus dari madrasah apabila telah menyelesaikan semua program madrasah termasuk ujian madrasah yang akan dilaksanakan mendatang. Diperlukan kerja sama antara pihak madrasah dengan orang tua dan wali siswa untuk menyukseskan pelaksanaan ujian madrasah, dalam hal ini peran orang tua menjadi sangat penting untuk memotivasi putra-putrinya agar lebih giat belajar untuk mempersiapkan ujian.

“Peran orang tua sangat penting demi suksesnya pelaksanaan Ujian Madrasah, orang tua supaya lebih memotivasi putra-putrinya agar giat belajar untuk menghadapi ujian,” ujar Sidik Wibowo Akhmad.

Sementara itu dalam penyampaian materi sosialisasi UM oleh wakil kepala madrasah, dijelaskan kepada orang tua dan wali siswa kelas IX yang hadir dalam acara tersebut, bahwa UM utama tahun ini dijadwalkan tanggal 21-29 Maret 2022, sedangkan ujian susulan 30 Maret sampai 3 April 2022. UM dilaksanakan secara daring namun terpusat di madrasah. Siswa membawa laptop atau HP masing-masing sedangkan madrasah menyediakan jaringan internet/WiFi. Madrasah memfasilitasi komputer bagi siswa yang tidak mempunyai laptop atau HP.

“Ujian dilaksanakan dengan sistem online atau daring, namun terpusat di madrasah , siswa membawa laptop atau HP sendiri ke madrasah, namun bagi siswa yang tidak punya laptop /HP akan difasilitasi dengan menggunakan komputer madrasah,” jelasnya.

Taufik juga menyampaikan kepada orang tua/wali siswa untuk ikut mengawasi dan menjaga kesehatan putra-putrinya sehingga pada saatnya nanti dapat mengikuti ujian madrasah sesuai jadwal. Diharapkan semua siswa bisa mengikuti ujian utama sehingga tidak ada siswa yang mengikuti ujian susulan.

“Mudah-mudahan semua siswa bisa ikut ujian utama, jangan sampai ada yang sakit, semua sehat , jangan sampai ada yang susulan,” ujarnya lagi.

Acara sosialisasi ujian madrasah tahun 2022 berjalan lancar dan berakhir pukul 11.00 WIB.  (khm/ak/rf)