Pengawas Madrasah Ikut Awasi Pembelajaran Kontekstual Manasik Haji

Semarang, Senin (7/3/2022) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 1 MI Kota Semarang adakan gelaran pembelajaran kontekstual manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra Kecamatan Gunungpati Semarang.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi MI pada jenjang kelas 5, yang tergabung dalam KKM MI 1 Kota Semarang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Ikut hadir pula Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) dan Pengawas Madrasah di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Tri Murdiyanti, Pengawas Madrasah menyampaikan bahwa ia merasa bangga bisa ikut andil bagian dalam kegiatan yang menurutnya sangat banyak manfaatnya.

“Senang bisa ikut membersamai anak-anak dalam kegiatan manasik haji tersebut, tak hanya itu kami juga ikut melakukan pengawasan diluar materi pembelajaran yaitu terhadap jalannya kegiatan agar selalu patuh pada protokol kesehatan (prokes), mengingat saat ini masih dalam masa pandemi,” tutur Tri.

Pada tempat yang sama, Mafruhatun rekan sejawat Tri Murdiyanti juga sampaikan apresiasinya kepada penyelenggara, dalam hal ini KKM 1 MI Kota Semarang atas terselenggaranya kegiatan manasik haji yang telah dua tahun terhenti karena pandemi Covid-19.

“Tempat yang dipilih sangat tepat, di sini terdapat berbagai replika tempat-tempat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, sehingga anak-anak dapat mendapatkan fisualisasi yang lebih nyata,” ujar Atun panggilan Pengawas Madrasah yang berkulit putih tersebut. “Tak hanya itu, melalui praktik langsung manasik haji dan umrah, memudahkan mereka dalam memahami materi pembelajaran serta harapan lebih jauh adalah bisa menjadi bekal bagi anak-anak kelak dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah yang sesungguhnya,” imbuhnya. (Tri/NBA/bd)