Peserta Didik MTs Negeri 2 Banjarnegara Ikuti PAT dan PHT Secara Online

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara pada tahun pelajaran 2021 – 2022 adakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) untuk peserta didik kelas IX dan PHT (Penilaian Harian Terstruktur) untuk peserta didik kelas VII dan VIII secara online. Semua siswa mengerjakan setiap soal dengan menggunakan gadgetnya masing-masing. Kegiatan PAT dan PHT berlangsung mulai Senin (7/3) hingga Selasa (15/3).

Sebanyak 992 peserta didik MTs Negeri 2 Banjarnegara mengikuti kegiatan PAT dan PHT dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M + 1 D secara ketat. Kegiatan ini membutuhkan 32 ruang, yang terdiri dari 30 ruang penilaian, 1 ruang panitia, dan 1 ruang pengawas.

PAT dan PHT berskema dua sesi. Mengingat posisi tempat duduk harus diatur dengan jarak tertentu dan memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut per hari dibuat 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Sesi ke dua dimulai pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB.

“Pelaksanaan PAT dan PHT kali ini sengaja dibuat 2 sesi. Peserta didik di setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Sesi pertama diperuntukkan untuk kelompok satu atau peserta didik absen 1 hingga 16 di setiap kelasnya, sedangkan sesi dua untuk kelompok dua atau peserta didik pada absen terakhir. Dengan dibagi menjadi beberapa kelompok, peserta didik akan dapat menjaga jarak dengan peserta didik yang lain,” jelas Wangid Sunandar selaku ketua panitia PAS gasal saat ditemui di ruang panitia.

Pelaksanaan PAT dan PHT hari pertama berlangsung dengan baik dan lancar. Ini diungkapkan langsung oleh kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ratna Ayu Kartika Wulan setelah pelaksanaan PAT dan PHT di hari pertama usai.

“Alhamdulillah kegiatan PAT dan PHT di hari pertama ini berjalan dengan baik. Walaupun ada sedikit kendala terkait dengan jaringan, namun panitia dapat dengan sigap mengatasi permasalahan tersebut. Mudah-mudahan anak-anak bisa menjaga fisik mereka, dengan menerapkan protokol kesehatan agar selalu dapat mengikuti kegiatan PAT dan PHT ini sampai akhir nanti, serta yang tidak kalah pentingnya yaitu semoga mereka memperoleh nilai yang memuaskan.” pungkas Ratna Ayu Kartika Wulan. (ns/swp/rf)