PKKM Sebagai Sarana Meningkatkan Performa Kinerja Madrasah

Brebes – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.

Bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen yaitu Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali. PKKM pada MIN 7 Brebes tahun ini dilaksanakan  pada hari Jumat, (11/03/2022). pengecekan berkas dilaksanakan oleh Pengawas Madrasah Pak Lahmudin dan pak Nurhadi dan Kepala Madrasah MIN 7 Brebes yang dinilai adalah Amran Sodikin  yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Fajarin didampingi oleh H. Imam Ghozali selaku Kasi Penma.

H. Fajarin dalam arahnya  menekankan bahwa, “PKKM ini merupakan program rutin untuk mengevaluasi atas kinerja kepala madrasah sejauh mana dalam menjalankan empat komponen bagi kemajuaan MIN 7 Brebes, hal ini tercermin dari hasil  Kinerja Kepala madrasah jika poin kelima ini hasilnya nilai baik maka madrasah ini juga di manej dan dikelola dengan baik, yang tidak hanya outputnya tetapi outcomenya dapat dirasakan oleh masyarakat disekitar madrasah yang menumbuhkan kepercayaan sehingga existensi keberadaan madrasah ini semakin tinggi dengan ditandai tingginya performa kinerja MIN 7 Brebes, bahkan menjadi idola bagi masyarakat untuk mengamanahkan putra-putrinya untuk didik di MIN 7 Brebes,” ungkap H. Fajarin.(Hid/Sua).