Rachmad Pemudji Buka RAT KPRI Tulus Karya

Semarang – Kasubbag TU Kankemenag Kota Semarang, Rachmad Pamudji menegaskan, Rapat anggota tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi untuk menggunakan hak bicara terkait pertanggungjawaban pengurus. Selain itu, memberikan saran dan pendapat untuk kemajuan koperasi.

Demikian ditegaskan Rachmad Pamudji, saat membuka Rapat anggota tahunan (RAT) Tahun Buku 2021  dan pemilihan ketua KPRI Tulus Karya periode 2022 – 2024 yang digelar di Plaza Hotel Semarang, Kamis (31/3).

“Agar koperasi menjadi baik, maka harus sehat administrasi, pengurus yang jujur, dan anggota yang tertib dan aktif,” tuturnya.

Menurut Pamudji, keberhasilan sebuah koperasi ditentukan oleh semua anggota, tak hanya pengurus. Dalam laporan yang dibuat menunjukkan ada kemajuan dan kenaikan baik modal maupun likuiditas. Namun di sisi lain, Sisa Hasil Usaha (SHU) tercatat terjadi penurunan.

“Saya yakin, pengurus dan pengawas telah kerja keras dan telah mencari solusi terbaik agar koperasi kita berkembang,” tutur Pamudji.

Rapat anggota tahunan Tahun Buku 2021 dan pemilihan pengurus dan pengawas periode 2022 – 2024 KPRI Tulus Karya ini mengusung tema, “Meningkatkan Profesionalisme, Akuntabilitas Kinerja, dan peran Serta Anggota untuk Kesejahteraan Bersama.”

Ketua KPRI Tulus Karya, Darun Kasanah dalam sambutannya mengatakan, RAT yang dilaksanakan ini merupakan RAT terakhir masa periode kepemimpinannya, yakni 2019 – 2021. Banyak suka dan duka dalam mengelola koperasi, terutama ketika merumuskan sisa hasil usaha (SHU) yang dibagikan ke anggota.

“Jangan hanya menuntut SHU banyak. Peran serta anggota sangat penting untuk ikut belanja di koperasi,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pemilihan ketua koperasi, secara mengejutkan, Darun Kasanah terpilih untuk kali kedua mengemban amanah sebagai ketua pengurus KPRI Tulus Karya mengungguli calon lainnya. Padahal dalam penjarinngan calon ketua, ia menempati urutan kedua, kalah dengan Imron Rosyadi.

Rekap data perolehan hasil penjaringan calon ketua KPRI Tulus Karya 2022 – 2024 melalui aplikasi Google Form adalah, Imron Rosyadi (42%), Darun Kasanah (35%), Tantowi Jauhari  (8%), Sri Yunianto Anwar (5%), Mawardi (3%), Abdul Ghofur (2%), Moch Fatkhuronji (2%), dan 1% dibagi untuk Rachmad Pamudji, Sriyati, dan Nova Budi Aristin.

Hasil penjaringan ditetapkan tiga (3) orang perolehan persentase suara terbanyak untuk maju dalam pertarungan Pemilihan ketua KPRI Tulus Karya. Bursa calon yang berhak maju pada tahap pemilihan adalah, Imron Rosyadi (42%), Darun Kasanah (35%),  dan Tantowi Jauhari  (8%). Pemilihan diikuti 307 peserta anggota koperasi. Perolehan final hasil perhitungan adalah, Darun Kasanah mendulang 154 suara, Imron Rosyadi memperoleh 117 suara, dan Tantowi Jauhari kebagian 36 suara. Dengan hasil itu, Darun Kasanah ditetapkan memimpin koperasi Tulus Karya periode 2022 -2024.(Amhal Kaefahmi/NBA/bd)