Soal Hots Melatih Peserta Didik Berpikir Kritis dan Kreatif

Banjarnegara –Sebanyak 40 tenaga pendidik dari jenjang MTs dan 20 tenaga pendidik dari jenjang MA ikuti pembekalan teknik penyusunan soal Ujian Madrasah yang bersifat Hots (Higher Order Thinking Skills), Selasa, (1/3).  Kegiatan tersebut di gelar di MAN 2 Banjarnegara. Acara dibuka oleh Sumarna selaku pelaksana tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Ridlo Pramono sebagai ketua panitia menyampaikan tujuan diadakan kegiatan tersebut.

“Dalam kegiatan ini, kami berharap kepada para peserta nantinya dapat menyusun soal-soal Hots untuk peserta didiknya. Saat peserta didik mengerjakan soal-soal Hots yang Bapak/Ibu susun harapannya ada perubahan pada peserta didik, terutama dalam pembentukan karakter pada masa yang akan datang,” jelas Ridlo Pramono saat menyampaikan sambutannya.

Seusai acara pembukaan, peserta dibagi sesuai rumpun mata pelajaran. Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diisi oleh dua pemateri yaitu Tri Widayanti yang merupakan guru MTs Negeri 1 Banjarnegara dan Dwi Setyo Rahmanto yang merupakan salah satu guru IPS di MTs Negeri 2 Banjarnegara.

“Kalau ingin menyajikan soal-soal bersifat Hots, maka tentunya diawali dengan mengajar secara Hots juga. Karena tanpa penyajian secara Hots maka sifat soalnya tidak dapat bersifat Hots,” jelas Dwi Setyo Rahmanto.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB Kegiatan awal dimulai dengan pre test penyampaian materi dan diakhiri post test.

Rohiyah merupakan peserta salah satu guru IPS dari MTs Negeri 2 Banjarnegara mengaku menikmati dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya sangat menikmati dalam mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan ini saya banyak belajar, menambah ilmu tentang teknik penyusunan soal Hots. Setelah saya pahami ternyata soal bersifat Hots itu, tidak berarti sulit untuk peserta didik, karena intinya soal yang bersifat Hots itu, di dalamnya ter elipkan stimulus yang jelas serta mudah dipahami oleh peserta didik. Tentu setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan mencoba untuk menyusun soal Hots dalam kegiatan evaluasi,” jelas Rohiyah saat ditemui setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan berharap kepada peserta untuk dapat menangkap materi dengan baik dan berbagi terhadap rekan kerja yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut untuk dapat menangkap dan menguasai materi yang disampaikan serta nantinya dapat ditransfer terhadap rekan kerjanya. Tidak kalah pentingnya untuk segera dicoba menyusun soal-soal Hots supaya dapat disajikan kepada peserta didik,” pungkas Ratna Ayu Kartika Wulan. (ry/swp/rf)