5 Madrasah di Kota Semarang Terdaftar Sebagai Tempat Vaksinasi Booster

Semarang, Dalam rangka percepatan pelaksanaan sejuta vaksin di Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, maka dibuatlah pendataan vaksinasi melalui aplikasi google form yang disebarkan kepada madrasah baik negeri maupun swasta, satuan kerja dan Kantor Urusan Agama (KUA) di lingkungan Kemenag Kota Semarang. Pendataan ini dilaksanakan pada 18-19 Maret 2022.

Arya Maulana selaku Pranata Komputer membagikan link google form begitu pula dengan Salim pegawai Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad).

Dari hasil pemantauan pengisian link, diperoleh data ada sekitar 2.184 guru dan siswa baik di lingkungan madrasah negeri maupun swasta di Kota Semarang yang belum tervaksin booster. Sedangkan untuk pegawai ada sekitar 13 orang yang belum menerima vaksin booster.

Berdasarkan data tersebut, Kankemenag Kota Semaraang segera lakukan koordinasi dengan PC NU, Kepolisian, dan Puskesmas Kota Semarang, serta madrasah dan pondok pesantren di lingkungan Kankemenag Kota Semarang untuk melakukan vaksinasi.

Rachmad Pamudji selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kankemenag Kota Semarang menerangkan bahwa pelaksanaan vaksin di PC NU Kota Semarang dilaksanakan pada tanggal 21-23 April 2022.

“A“Akan ada 1000 vaksin yang disediakan di PC NU Kota Semarang. Vaksinasi ini diperuntukkan untuk umum. Adapun syaratnya peserta harus sudah berusia 18 tahun, sudah tervaksin dosis 2, membawa KTP/KK dan sehat baik jasmani maupun rohani,” terang Pamudji di ruang kerjanya pada Rabu (20/4/2022), yang ia sampaikan sembari mempersiapkan gelaran tarling di Kankemenag Kota Semarang

Lebih lanjut Salim menuturkan bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi di madrasah akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 April 2022.

“Jadwal vaksinasi pada tanggal 22 April dilaksanakan di MAN 1 Kota Semarang dengan sasaran utama guru dan siswa dari MAN 1, MA Infarul Ghoy dan MA Syaroful Millah, kurang lebih berjumlah 504 peserta. Selain itu vaksinasi disana juga diperuntukkan bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

“Sedangkan pada tanggal 23, direncanakan akan dilaksanakan vaksinasi di beberapa tempat yaitu MAN 2, MA Al Asror, MA Uswatun Hasanah, dan MA Taqwal Ilah. Adapun target vaksinasi kurang lebih 1.680 peserta baik dari unsur guru maupun siswa kelas XII. Tidak menutup kemungkinan pula, melayani masyarakat sekitar sebagaimana pelaksanaan di MAN 1,” imbuhnya.

Koordinasi segera dilakukan oleh Kemenag Kota Semarang dengan pihak-pihak terkait guna kesuksesan pelaksanaan vaksin booster dimaksud.(Salim/NBA/bd)