Akhiri Kegiatan Amaliah Ramadan, MTsN 4 Banjarnegara Adakan Lomba Kultum dan Tahfidz

Banjarnegara – Mengakhiri kegiatan Amaliah Ramadan tahun 2022, MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan lomba kultum dan tahfidz antar kelas pada hari Senin, (24/4) kemarin. Lomba ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dari kelas 7 hingga kelas 8, bertempat di mushola madrasah dan di ruang kelas 9C. Bertindak sebagai juri lomba adalah para guru agama dari MTsN 4 Banjarnegara.

Lomba kultum dan tahfidz antar kelas ini bertujuan untuk mengasah bakat peserta didik dan menambah pengalaman tampil di depan publik , selain itu untuk mencari siswa-siswi yang berbakat di bidang orasi dan tahfidz di tiap kelasnya, untuk nantinya  diberikan bimbingan lanjutan dan diikutkan pada lomba-lomba yang ada.

Selain itu, menurut Taufik, ketua panitia, kegiatan lomba antar kelas ini dimaksudkan juga untuk memotivasi peserta didik di tiap-tiap kelas untuk berlomba menampilkan yang terbaik bagi kelasnya.

“Dengan adanya lomba ini, anak-anak akan bersaing dan berusaha menampilkan kelasnya sebagai kelas terbaik melalui wakil-wakil mereka,” kata Taufik.

Lomba kultum dan tahfidz dimulai pada pukul 08.00 WIB, adapun tema kultum tidak dibatasi  atau bebas sesuai pilihan para peserta lomba, sedangkan untuk tahfidz adalah Qur’an surat al-A’la. Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri yang terdiri dari Sarif Hikmayanto, Farid Alfarisi, Khanifah, Musthoriqoh, Wahyu Isnaniatun, dan Taufik, akhirnya diputuskan para juaranya adalah Fitri Maulida kelas 8B,  Danisa kelas 7A, Jessika kelas 8A, masing-masing sebagai juara 1,2, dan 3 kultum putri. Adapun untuk lomba kultum putra, sebagai juara 1, 2, dan 3 adalah Bintang Sakti JW kelas 8B, Bangkit (8A), dan A. Zaki (8B).

Sedangkan untuk lomba tahfidz putri sebagai juara 1, 2, dan 3  berturut-turut adalah Rosita (7B), Fadiya Syafiqo (8A), dan Mega Cahya Wulandari (7A) . Untuk tahfidz putra, pemenangnya adalah Ahsan Hendra (7B), Dhamar Jati (8C) dan Ananda Roby (8A).

“Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar, terima kasih kepada panitia Amaliah Ramadan yang telah bekerja keras selama tiga minggu ini dalam membimbing peserta didik melalui pendalaman keagamaan, serta terima kasih pula kepada para wali kelas yang telah membawa sukses siswa-siswi perwaliannya. Semoga semua usaha yang dilakukan pada bulan suci ini membawa berkah bagi semuanya,” kata Sidik Wibowo, Kepala MTsN 4 Banjarnegara. (khm/ak/rf)