Hafiz Haryata Sampaikan Keutamaan dan Hikmah Menjalankan Puasa

Banjarnegara – Melalui kegiatan kultum yang diadakan Pesantren Ramadan MTs Negeri 1 Banjarnegara, perwakilan dari kelas 8B yaitu Hafiz Haryata sampaikan hikmah menjalankan ibadah Bulan Puasa. Bertempat di masjid MTs N 1 Banjarnegara, dirinya menyampaikan kepada siswa/siswi kelas 7, 8 bahwa setiap perintah Allah dan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah pasti memiliki hikmah dan manfaat yang dapat manusia peroleh.

“Ketika menjalankan ibadah puasa, maka akan ada manfaat yang dapat kita peroleh. Tentu saja hikmah apa yang dijalankan setiap orang akan berbeda-beda, namun dalam menjalankannya ada beberapa hal yang kita rasakan bersama.” ujar Hafiz saat menyampaikan kultumnya.

Dari kultum yang disampaikan oleh Hafiz, dirinya menyampaikan 5 hikmah dari menjalankan ibadah puasa, satu diantaranya adalah melatih diri dalam melawan nafsu.

“Larangan saat berpuasa seperti makan tentu mengajarkan agar manusia dapat mengelola emosi dan dorongan hawa nafsunya, tentu saja bukan untuk dihilangkan namun dapat dikelola dengan baik agar dapat mencapai tujuan hidup menurut Islam, dan tujuan penciptaan manusia.” tandasnya Kamis (7/4).

Selain melatih melawan hawa nafsu, mengajarkan untuk hidup sederhana juga merupakan hikmah dalam menjalankan ibadah puasa. Sebab, dengan berpuasa seseorang pun juga dapat melatih untuk hidup sederhana.

“Ketika berpuasa kita tidak banyak untuk membeli makanan atau minuman, dan menahan diri dari segala hal duniawi. Hal ini juga sekaligus mengajarkan kita untuk hidup berempati sosial pada lingkungan sekitar yang mungkin hidupnya lebih kurang beruntung dari kita.” ujar Hafiz dengan mantapnya.

Tidak hanya itu, dengan berpuasa seseorang akan terjaga kesehatan dan melatih diri untuk membiasakan istiqomah dalam beribadah. Menurut Hafiz, Jenis puasa banyak. Ada puasa wajib dan puasa sunnah. Jika dilakukan terus menerus maka hal ini akan menambah keistiqomahan kita dalam beribadah dan juga melaksanakan perintah-perintah Allah lainnya.

Di akhir kultumnya,  Hafiz menyampaikan kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara bahwa dengan menjalani ibadah puasa seseorang akan memperoleh kenikmatan umat Nabi.

“Kita tidak akan pernah mendapatkan kenikmatan menjadi umat rasul jika kita tidak pernah menjalankannya. Untuk ibadah puasa akan membuat kita semakin bermakna dan nikmat menjadi umat Rasulullah SAW,”  dorong Hafiz penuh harap. (ran/ak/rf)