Kolaborasi Apik dalam Gelaran Apel Pagi di Awal Bulan April 2022

Semarang, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang secara rutin melaksanakan apel pagi bersama tidak hanya setiap hari Senin sebagaimana  Surat Edaran (SE) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Nomor 1 Tahun 2022, tetapi juga apel bersama setiap Senin awal bulan.

Hari ini, Senin (4/4/2022), Kemenag Kota Semarang gelar apel pagi di halaman kantor, dan diikuti oleh pejabat struktural, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), Jabatan Pelaksana (Japel), dan juga siswa yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Selain itu, pada gelaran apel tersebut, nampak deretan guru yang berbaris terpisah dengan peserta apel lainnya. 29 guru tersebut merupakan guru madrasah yang akan menerima Sertifikat Pendidik Profesi Guru (PPG) lulus tahun 2021.

Kegiatan apel pagi diawali dengan pembacaan 5 nilai budaya Kemenag dan slogan Kemenag Kota Semarang, yang dibacakan oleh Afriyanto Hidayat selaku petugas, dan ditirukan oleh peserta apel.

Apel pagi ini dipandu oleh Andina Kartika Sari selaku Master of Ceremony (MC). Ia membacakan instruksi susunan acara demi acara. Arya Maulana Pranata Komputer, bertindak sebagai komandan apel, sedangkan petugas lainnya adalah Oktanto Adi Murtono selaku penata barisan penerima sertifikat dan Dintha Muhammad Kurnia pada dokumentasi. Semuanya saling bekerja sama menjalankan tugasnya masing-masing, sehingga kegiatan apel pagi berjalan dengan baik dan lancar.

Siti Rahmah dan Farida Yuliastuti juga ikut membantu kelancaran kegiatan penyerahan sertifikat PPG tersebut, yang diserahkan oleh Kepala, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) dan Kepala Seksi (Kasi) Dikmad.

Rachmad Pamudji selaku Kepala Subbag TU, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petugas yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Petugas apel pagi ini luar biasa, sebagian besar merupakan JFT, ada yang perencana, pranata komputer dan arsiparis. Selain itu, pada apel juga menunjukkan kolaborasi yang apik antara Dintha pegawai pada Subbag TU dan Dayat serta Farida selaku pegawai pada Seksi Dikmad,” tutur Pamudji.

Pada apel tersebut, Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang menngucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan serta memberikan wejangan-wejangan dalam rangka menghadapi penilaian lanjutan Zona Integritas (ZI) oleh Tim Penilai Intern dan Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemenag RI.(Dintha/NBA/bd)