Penyuluh Memberi dan Menjadi Contoh Keluarga Sakinah di Brebes

Brebes – Dalam upaya membangun ketahanan keluarga di Kabupaten Brebes, Balai Diklat berkolaborasi dengan Kemenag Brebes menggelar kegiatan Pelatihan Keluarga  Sakinah di Wilayah Kerja Kantor Kemeterian Agama Brebes, bertepat di Gedung Kopri Kabupaten Brebes, dari Senin-Sabtu, (18-23/04/2021).

Acara  yang di buka langsung dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag H. Fajarin. Yang diikuti oleh 35 orang terdiri atas 9 penyuluh perempuan dan 26 orang penyuluh laki-laki, baik penyuluh PNS maupun Non PNS yang mewakiI 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Dalam kesempatan tersebut   ketua pelaksanaan kegiatan H. Darwiyanto menyebutkan berterima kasih atas kerjasama dan sinergi antara Kemenag Brebes dan Balai Diklat Keagamaan Semarang  dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu SDM Kementerian agama secara umum.

“Pelatihan Keluarga Sakinah Di Wilayah Kerja dilaksanakan di 8  Kabupaten/kota Se-Jateng dengan tujuan agar para peserta dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan sebagai bahan dalam memberikan pengajaran dan Bimbingan kepada para calon pengantin sekabupaten Brebes dan masyarakat secara luas,” jelas H. Darwiyanto.

Pembukaan DDWK Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah di Kabupaten Brebes.

H. Fajarin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mengungkapakan “Para Penyuluh Agama yang ada dilingkungan Kementerian Agama merupakan pasukan elit bagi Kemeterian Agama dalam memberikan  bimbingan dan berkontribusi mewujudkan Visi dan Misi Kementerian Agama di mana pada poin satu dan dua yang menekankan pada aspek peningkatan keshalehan sosial, moderasi umat beragama dan kerukunan antar dan inter umat beragama,” ungkapnya.

“Pelatihaan keluarga sakinah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, hal ini sebagai sarana memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan meningkatkan kepekaan dan kepedulias sosial serta menjadi solusi atas permaslaahan yang terjadi di masyarakat dengan pendekatan persuasif, humanis dan agamis sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dari Kementerian Agama,” imbuhnya.

“Saya mengharapkan agar para penyuluh yang merupakan garda terdepan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes di masyarakat agar senantiasa dapat memberikan contoh dan dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat bagaimana membina dan membangun keluarga Sakinah Mawadah Warahmah dan menjaga generasi penerus dan para remaja kita dari nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran agama dengan banyaknya fenomena kenakalan remaja yang terjadi di Kabupaten Brebes,“ pungkasnya.         

Selesai membuka acara Kepala Kankemenag Brebes mohon pamit untuk melanjutkan aktifitas  lainya dan acara dilanjutkan untuk memulai materi Pelatihan Keluarga Sakinah oleh pemateri/ Widyaiswara dari Balai Diklat keagamaan Semarang.(Hid/Sua)