Safari Ramadhan 1443H di Masjid Khaerotun Sigempol

Brebes – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keistimewaan bagi umat Islam diseluruh dunia. Ramadhan selalu dinantikan karena banyak peristiwa penting yang terjadi didalamnya. Salah satunya adalah malam turunnya Al-Qur’an atau yang sering dikenal dengan malam Nuzul Qur’an.

Umat Islam seluruh dunia selalu antusias menyambut malam Nuzul Qur’an yang jatuh pada malam 17 Ramadhan. Peristiwa penting ini dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah:185 yang artinya “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”.

Tim Safari Ramadhan1443 H kabupaten Brebes melaksanakan kegiatan Tarawih keliling di masjid Khoerotun dukuh Sigempol Desa Randusanga Kulon Kec. Brebes Senin malam selasa tepat di malam 17 Ramadhan 1443H/(18/04/2022) asisten 1 pemda Brebes, kepala Forkompinda dan kepala OPD  Pemda Brebes, Camat dan Kepala KUA Brebes dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Brebes.

H. Fajarin dalam sambutanya mengatakan bahwa di tahun ini seluruh masyarakat bisa melaksanakan ibadah shalat tarawih dengan baik di masjid dan musholla tetapi  masih tetap melaksanakan protokol kesehatan. Beliau mengungkapkan, “program kolaborasi demgan pemda pentingnya menjaga dan menyelamatkan generasi  dari stunting dan permasalahan Ibu dan Balita yang lain.  Agar seluruh warga masyarakat memperhatikan usia nikah agar tidak kurang dari 19 tahun dan di ramadhan agar meningkatkan amaliah ibadah  Ramadhan mengingat istimewanya bulan suci ramadhan,” ungkapnya.

H. Fajarin Kepala Kemenag Brebes memberikan sambutan dalam Safari Ramadhan di Sigempol .

Sementara itu Asisten 1 Pemda Brebes mewakili Bupati dalam arahannya menyampikan, “Kematian ibu cukup tinggi sekitar 14 orang per April 2022, untuk itu Brebes membentuk program siaga di setiap desa dengan harapan kematian ibu dan anak tidak meningkat, Program vaksin booster di setiap Kabupaten/kota akhir April 2022 harus mencapai target 30%. sehingga dapat hidup lebih sehat dan kuat,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Baznas Kabupaten Brebes dan UPZ Kankemenag Brebes memberikan  santunan untuk pengurus masjid &  anak yatim dan  fakir miskin untuk masyarakat  dilingkungan  sekitar masjid  kurang lebih 50 orang. Bantuan Kitab Suci Alquran dan Peralatan Sholat dari Kankemenag Kab. Brebes.(Hid/Sua)