Siswa MI Addaenuriyah Sambut Ramadan 1443 H dengan Ziarah

SEMARANG – Mengawali kegiatan menjelang ramadhan, Jumat (01/04/2022) peserta didik MI Addaenuriyah dengan didampingi guru dan kepala madrasah bersama-sama ziarah ke makam pendiri yayasan Addaenuriyah, beliau KH. Abdullah Sajad yang dimakamkan di Sendangguwo tepatnya selatan masjid Assajad RT. 03 RW. 01 Sendangguwo Tembalang Semarang.

Kegiatan ziarah diikuti oleh seluruh peserta didik mulai dari kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam) dengan berjalan kaki dari lokasi madrasah menuju ke makam keluarga KH Abdullah Sajad yang lokasinya relatif dekat, dengan maksud tujuan agar mendapat berkah dari orang-orang sholih utamanya KH. Abdullah Sajad. “kegiatan ini bermaksud mengenalkan anak-anak dan berharap berkah atas orang-orang sholih yang telah berjasa pada lingkungan” kata kholid selaku kepala madrasah di MI Addaenuriyah

Ramadan tahun ini terasa berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat saat itu pandemi covid sangat menghawatirkan sehingga pembelajaran dilaksanakan secara daring, sedangkan tahun ini kegiatan pembelajaran bisa dilaksanakan secara luring mengingat trend covid-19 melandai dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk melakasanakan vaksinasi sampai tahap ketiga atau yang lazim disebut booster.

Agenda selama ramadhan kegiatan pembelajaran di MI Addaenuriyah diawali dengan kegiatan sholat duha bersama di Masjid Jami Assajad yang lokasinya menyatu dengan lingkungan madrasah, dan kemudian dilanjutkan tadarus juz amma di kelas masing-masing.

Tidak banyak perbedaan kegiatan antara bulan ramadhan dan selain ramadhan, mengingat kegiatan sholat duha dan kegiatan tadarus sudah menjadi rutinitas di MI Addaenuriyah, adapun kegiatan yang berbeda adalah siswa diajak berziarah ke makam pendiri yayasan sekaligus sesepuh wilayah Sendangguwo, yaitu KH. Abdullah Sajad yang makamnya berada di sisi selatan madrasah dan juga kegiatan buka bersama yang akan dilaksanakan pada akhir masa KBM ramadhan menjelang libur hari raya Idul Fitri, siswa juga dibekali lembar laporan kegiatan selama ramadhan supaya siswa terarah dalam berkegiatan. (Adam/Sukirman/bd)