Tingkatkan Layanan Prima, Subbag TU Gunakan Aplikasi Tasurdin Online

Semarang, Menindaklajuti imbauan Kepala Kantor yang disampaikan pada waktu memberikan pembinaan apel pagi, Rachmad Pamudji selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, ingatkan jajarannya untuk menggunakan aplikasi tata persuratan dinas (tasurdin) berbasis online.

“Perhatian! Yang terhormat Bapak/Ibu, sesuai arahan Kepala Kantor pada apel pagi tadi, bahwa surat dinas mulai sekarang agar dibuat dengan elektronik. Terima kasih,” pesan Pamudji yang disampaikannya melalui whatsapp group subbag TU, pada Senin (4/4/2022).

Arya Maulana selaku Pranata Komputer (Prakom), segera membagikan kembali user id dan password masing-masing admin, baik pada tingkat konseptor, pemangku kewenangan sampai dengan Kepala.

“Monggo sebagai pengingat dalam menggunakan aplikasi tasurdin online,” ucap Arya.

Baik pesan Pamudji maupun catatan dari Arya, disambut baik oleh pegawai di lingkungan Subbag TU.

“Kami langsung praktikkan dalam pembuatan undangan untuk kegiatan besok. Agak grotal-gratul karena belum terbiasa, tapi setelah bisa, ternyata sebetulnya mudah untuk diaplikasikan,” kata Tri Ginarni pegawai yang bertugas pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Pamudji berharap dengan digunakannya aplikasi tata persuratan dinas secara online ini, akan mempercepat proses pemberian layanan kepada masyarakat, karena pimpinan dapat mengkoreksi secara langsung konsep surat yang dibuat oleh konseptor.

“Dimanapun kami berada, kami bisa langsung melakukan koreksi terhadap surat-surat dinas, sehingga pada saat kami atau Bapak Kepala tidak berada di tempat, kami bisa langsung melakukan koreksi, sehingga proses pembuatan surat dinas jauh lebih cepat,” terang Pamudji.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor, bahwa penggunaan aplikasi tasurdin online merupakan salah satu bentuk inovasi yang dikembangkan oleh Kemenag Kota Semarang dalam upaya peningkatan pelayanan guna menuju pelayanan prima.(NBA/bd)