476 JCH Brebes Terpanggil Menunaikan Ibadah Haji 2022

Brebes – Informasi dari Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hj. Julaecha, Rabu, (11/05/2022) berdasarkan daftar jemaah haji tahun 2022 yang diterbitkan Kementerian Agama melalui Siskohat, sebanyak 476 jemaah calon haji (CJH) asal Kabupaten Brebes terpanggil untuk berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci tahun ini.

Disampaikan Hj. Julaecha, Jamaah Calon Haji  (JCH) Kabupaten Brebes yang berangkat tahun ini merupakan jemaah haji regular lunas tunda tahun 2022. Dan daftar JCH telah disampaikan kepada KUA kecamatan dan seluruh KBIH yang ada memiliki caln jamaah haji yang akan berangjat . Seterusnya mereka diminta untuk segera melakukan konfirmasi pelunasan ke Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih mulai tanggal 9 sampai 20 Mei 2022.

Lebih lanjut dikabarkan Julaecha, bahwa tahun ini juga terdaftar 61 JCH cadangan. Namun, untuk keberangkatan belum dapat dipastikan, dan mereka diminta untuk membuat dan menandatangani surat pernyataan tidak komplain seandainya belum berangkat pada tahun ini.

“Alhamdulillah, ini kabar yang baik untuk kita dan JCH Brebes yang Insya Allah tahun ini berangkat haji ke tanah suci,” tuturnya.

Mengenai kelompok terbang (kloter) JCH Kabupaten Brebes, Hj. Julaecha mengatakan untuk sementara ini belum ditetapkan. Nantinya akan dilakukan qur’ah terlebih dahulu di Kanwil Kemenag Provinsi Jateng  apakah akan  dijadikan dalam satu kloter, dan sisanya akan di gabung ke kloter lain.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Fajarin meminta kepada jajaran PHU untuk mempersiapkan berkas-berkas penting dan segala sesuatunya yang berkenaan dengan keberangkatan haji, dengan harapan setiap Calan jamaah haji yang akan menunaiakan ibadah haji dapat terlayanai dengan baik dan tidah ada sesuatu yang menghalangi keberangkatan ibadah haji.  

Diminta juga untuk meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes untuk melakukan pemeriksaan kesehatan serta vaksinasi kepada JCH, serta Pemerintah Daerah karena pada awal bulan Juni 2022 sekitar tangal 04 Juni 2022 kloter pertama embarkasi Solo sudah di terbangkan ke Arab Saudi.

H. Fajarin juga berpesan kepada JCH Brebes untuk menjaga kesehatan fisik dan rohani serta terus membekali diri dengan ilmu secara mandiri, berniat dengan ikhlas, bersihkan hati serta meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, mengingat CJH adalah calon tamu-tamu Allah yang istimewa.(Hid/Sua).