Ini Dia 3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Menjelang PAT, Nomor 2 Wajib Ditiru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Belajar merupakan suatu kegiatan utama dalam dunia Pendidikan. Sebab, sejatinya manusia tidak akan pernah berhenti belajar karena setiap langkah manusia dalam hidupnya akan dihadapkan pada permasalahan yang membutuhkan untuk belajar menghadapinya.

Oleh karenanya, menjelang PAT yang akan diadakan pada 30 Juni 2022 mendatang, Ibu Umi Mahmudah selaku pembimbing kelas tahfidz MTs N 1 Banjarnegara menilai bahwa belajar para siswa/siswi adalah sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai pelajar.

“Belajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilan.” ujar Umi Mahmudah saat dikonfirmasi oleh warta Madtsansa pada Senin, (16/5/22) melalui WhatsApp.

Setelah pelaksanaan rapat koordinasi persiapan PAT 2021/2022 MTs N 1 Banjarnegara yang diselenggarakan pada Sabtu, (14/5/22) lalu, tentunya para guru sudah mempersiapkan segudang soal yang nantinya akan diberikan kepada siswa/siswi guna mengetahui sejauh mana mereka menguasai materi yang telah diberikan dari semester 1 dan 2.

Lantas apakah para siswa/siswi sudah mempersiapkannya?

Lebih lanjut, Umi Mahmudah berpesan bahwa persiapan menghadapi PAT sangat amat dibutuhkan agar hasilnya dapat maksimal dan tidak mengecewakan.

Lalu persiapan apa saja yang harus diperhatikan oleh siswa/siswi dalam menghadapi PAT? Berikut Ibu Umi Mahmudah memberikan 3 resep yang dapat dipraktikkan oleh siswa/siswi dalam menghadapi PAT.

1.Belajar

“Karena memang belajar adalah satu-satunya cara untuk menghadapi ujian. Jangan pernah malas memperhatikan pelajaran. Manfaatkan waktumu dengan baik untuk memahami pelajaran yang sebelumnya tidak kamu pahami.”  tandas Umi Mahmudah.

Menurutnya, siswa perlu menghindari bahwa waktu 1 minggu menjelang PAT itu lama, jadi jangan melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam). “Belajar dengan sistem SKS tidak akan memberikan hasil maksimal dan tidak akan membuatmu paham dengan materi ujian yang cukup banyak. Otak tidak akan mampu mengingat begitu banyak materi karena kamu belajar dengan kondisi panik dan ‘ngebut’. Hal itu malah membuat otak jadi lelah dan tidak mampu mengingat apapun.” lanjutnya.

2. Mengerjakan latihan soal PAT

Selain menyimak pelajaran dengan baik, perlu juga mengerjakan latihan soal PAT. Dengan sering mengerjakan latihan soal, siswa/siswi akan jadi paham tentang materi ujian.

“Jika banyak soal latihan yang belum bisa dikerjakan, berarti siswa/siswi masih kurang paham terhadap materi PAT. Tapi kalau latihan soal PAT dapat diselesaikan dengan benar, berarti siswa/siswi sudah siap menghadapi PAT.” terang Umi Mahmudah.

3.Berdoa

Wanita yang juga mengajar Guru Al-Qur’an Hadits ini mengatakan bahwa dengan berdoa serta meminta pertolongan Allah S.W.T saat hari H PAT dapat membantu mengerjakan soal dengan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan.

“Semua yang telah kamu usahakan harus diserahkan kepadanya dan terima dengan lapang dada apapun hasilnya.” tutupnya.

Nah, itu tadi beberapa persiapan PAT yang wajib siswa/siswi lakukan sebelum PAT berlangsung. Semoga tips tersebut bermanfaat dalam menghadapi PAT nanti ya. (ran/ak/rf)