081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pengantin Glepung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Pada hari Selasa (17/05/2022)Kepala KUA Kecamatan Sragi, Makhfudh menghadiri acara Selamatan Giling Tebu PG Sragi Tahun 2022. Acara selamatan dilangsungkan di ruang penggilingan tebu PG. Sragi.

Acara tersebut dihadiri Bupati Pekalongan Fadia A. Rafiq, SE.,M.M, Sekda Kab. Pekalongan, Yanuar Akbar, S.Sos, M.Si, segenap Forkompinda Kab. Pekalongan serta Forkompincam Kec. Sragi.

Acara yang sudah mentradisi tersebut juga diramaikan dengan kirab Pengantin Glepung (karena pengantin berupa boneka yang terbuat dari tepung beras). Ribuan warga Sragi dan sekitarnya tak mau ketinggalan menyaksikan acara tahunan di pabrik gula yang dibangun di masa kolonialisme Belanda pada tahun 1928. Sehingga lalu lintas menuju pabrik  gula sangat padat merayap karena banyaknya pengunjung, sementara di tepi jalan para pedagang pasar tiban juga turut meramaikan pesta giling tebu.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia A. Rafiq berharap agar PG Sragi bisa memenuhi kebutuhan gula nasional, tidak hanya Kabupaten Pekalongan saja.

“Saya berharap semoga ada investor yang masuk berinvestasi di PG Sragi sehingga produksi melimpah dan kondisi pabrik bisa terlihat megah dan nyaman” kata bupati.

Prosesi giling tebu diawali dengan memasukkan tebu ke dapur penggilingan oleh bupati, sekda dan pejabat lainnya. Sementara itu pengantin glepung juga digotong beramai-ramai dan dimasukkan ke dapur penggilingan sebagai tanda dimulainya pekerjaan giling tebu. Acara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Makhfudh, Kepala KUA Kecamatan Sragi. (Mfd/Ant/bd).