Secara Hisab, Ijtimak Menjelang Syawal Jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M

Semarang – Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Ahad, 1 Mei 2022 petang. Sidang yang berlangsung di Observarium dan Planetarium UIN Walisongo Semarang ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Planetarium dan Pakar Falak dari UIN Walisongo.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

“Rukyat pada hari ini, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat,” jelas Imam Taufiq, Minggu, (1/5/2022).

“Kanwil Kemenag Jawa Tegah sendiri akan menggelar rukyatul hilal di 14 titik berbeda. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. Bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain,” kata Musta’in Ahmad.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H,” lanjutnya.

Sidang isbat awal Syawal 1443 H di Observarium dan Planetarium UIN Walisongo Semarang dihadiri Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. H. Imam Taufiq, Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, H. Musta’in Ahmad, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tim Hisab MAJT, Tim Observarium dan Planetarium UIN Walisongo Semarang, Pakar Falak dari Ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

“Sidang isbat sendiri nantinya akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI. Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” tandasnya.

Di Jawa Tengah sendiri ada 14 lokasi yang direncanakan sebagai titik rukyatul hilal awal Syawal 1443 H/2022 M: 

Provinsi Jawa Tengah (14 lokasi):
1. Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo
2. Pantai Wates Kaliori Rembang
3. Pantai Jetis Purworejo
4. Pantai Ujung Negoro Batang
5. Bukit Sukuh Karanganyar
6. Pantai Padelan Kebumen
7. Pantai Kartini Jepara
8. Menara Masjid Agung Pemalang
9. Pantai Alam Indah Kota Tegal
10. Pel. Tanjung Kendal
11. Bukit Sokobubuk Pati
12. Menara Pandang, Purwokerto Barat
13. MAN 2 Kudus
14. Pantai Wisata Dewi Mangrove Sari Brebes.(Sua/Bd)