Susun Program MGMP Bahasa Inggris, Pengawas Madrasah Ingatkan 4 Tugas Guru

EMPAT PESAN – Pengawas Madrasah Amin Yuhdi sedang memberikan pembinaan kepada anggota MGMP

BANYUMAS – Sejumlah 25 orang guru anggota MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Banyumas menyusun program kerja MGMP Tahun 2022 di Elbe Resto Kemranjen, kamis (19/5) kemarin. Ketua MGMP Tri Hidayat mengungkapkan, penyusunan program kerja merupakan upaya untuk lebih mengaktifkan forum MGMP dengan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dan prestasi para peserta didik.

Pengawas madrasah sekaligus pembina MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Banyumas, Amin Yuhdi berharap agar kegiatan MGMP ini dijadikan wadah peningkatan profesionalisme guru dan dicapai dengan program-program yang mampu mengembangkan potensi guru dan peserta didik.

Amin Yuhdi juga berpesan agar guru harus mampu mengemban empat tugas guru yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.Learning to know artinya seorang guru mampu mentransfer ilmu dan pengetahuan yang dimiliki kepada peserta didik. Agar peserta didik juga menguasai ilmu dan pengetahuan tersebut”, terangnya.

Learning to do berarti seorang guru mampu melatih siswa untuk memiliki keterampilan sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan. Learning to be memiliki makna seorang guru mampu membentuk peserta didik menjadi manusia seutuhnya. Sedangkan Learning to live together adalah seorang guru mampu menumbuhkan kesadaran saling menghargai perbedaan perbedaan yg ada dalam masyarakat.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terlebih pandemi Covid-19 sudah berakhir. “Ini kan sudah memasuki endemi, forum MGMP perlu diaktifkan kembali”, ujar Ermayati salah satu peserta kegiatan ini. (akw/rf)