Demi Keutuhan Bangsa Kemenag Adakan Rakor Evaluasi Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara serta NKRI harga mati, Kemenag Kab. Wonogiri Adakan Rakor Evaluasi Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam (LPKI) dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) yang dihadiri 45 Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Wonogiri beserta Pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren, hadir sekaligus sebagai pemateri Kepala Kemenag Kab. Wonogiri H. Anif Solikhin dan Ketua FKPP KH. Sutrisno Yusuf pada hari Kamis, 23 Juli 2022 bertempat di Pondok Dhahar An-Nuur Pokoh Wonogiri.

Pembinaan Pondok Pesantren yang dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri pada Pondok Pesantren di Kab. Wonogiri baru-baru ini guna pencegahan Radikalisme serta mempererat rasa Persatuan NKRI. Pesantren mempunyai fungsi strategis sebagai garda terdepan dalam mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari sejak jaman kemerdekaan sampai saat ini.Untuk itu ulama dan pengasuh ponpes merupakan tokoh yang mempunyai fungsi signifikan sebagai pengayom dan pemersatu umat.

Demikian disampikan Kepala  Kankemenag Wonogiri dalam koordinasi pondok pesantren, menurutnya di tengah tantangan bangsa yang semakin besar terutama adanya konflik politik dan budaya bermuatan agama serta  era keterbukaan media sosial, maka pesantren harus mewarnai dan selalu menjadi penyejuk dan perekat persatuan bangsa.

“Kami sangat berharap pada para santri dan tokoh alim ulama bisa menjadi garda terdepan dalam memeprtahankan keutuhan bangsa dan perekat masyarakat sehingga Kemenag mempunyai peran dalam mencegah meluasnya konflik yang meningkat dewasa ini,” ujarnya.

Pesantren adalah lembaga militan yang telah banyak mencetak tokoh-tokoh pemimpin besar di Indonesia. Jadi jangan nodai kebesaran Pondok pesantren dengan anarkisme dan kekerasan lain, sehingga pesantren menjadi garda terdepan dalam memperkuat “NKRI”. Selain itu, H. Anif Solikhin juga menambahkan terkait dengan perhatian pemerintah terhadap Pondok Pesantren sekarang, Pemerintah Kabupaten lebih memperhatikan pada Pendidikan Agama dan Keagamaan sehingga pemerintah banyak membantu dengan diberikannya bantuan ke Pondok Pesantren, TPQ, Madin dan lainnya sebagai kepedulian terhadap kemajuan pesantren.(kwt/Sua)