MTs N1 Banjarnegara Siapkan Siswa Kelas Riset Ikuti Myres,

Banjarnegara – Jumat (3/6) para pembimbing riset MTs Negeri 1 Banjarnegara mengadakan pertemuan. Pertemuan kali ini membahas tentang progres penelitian yang dilakukan pembimbing dan siswa kelas riset. Seperti yang sudah diketahui bersama siswa kelas riset harus menyelesaikan penelitian sampai bab 3 sebagai persyaratan kenaikan kelas.

Siswa kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara sudah melakukan bimbingan dengan guru pembimbing masing-masing. Dalam proses pembuatan proposal tentu banyak siswa dan pembimbing yang mengalami kendala seperti kesulitan mencari jurnal referensi dan lain sebagainya. Tentu hal ini menjadi pelajaran bersama untuk menyukseskan program dari kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Bertempat di aula MTs Negeri 1 Banjarnegara Tri Widayati, koordinator pembimbing riset menyampaikan bahwa minggu depan semua proposal harus sudah jadi.

“Mari kita bersama-sama berkoordinasi dengan siswa kita untuk segera menyelesaikan proposal penelitian. Mengingat ini adalah persyaratan kenaikan kelas maka semua siswa wajib menuntaskan tugas ini. Selain sebagai persyaratan kenaikan kelas, proposal para siswa akan didaftarkan pada event myres.” ujar Tri Widayati.

Myres merupakan ajang bagi siswa madrasah yang mempunyai minat bakat di bidang penulisan ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya. Ajang ini dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini semua siswa kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara diwajibkan mengikuti ajang tersebut. Siswa kelas riset ini mengerjakan proposal secara berkelompok dengan anggota kelompok 2 siswa. Dua siswa ini dibimbing oleh satu guru pembimbing.

“Bapan Ibu pembimbing jadi punya tugas baru. Setelah anda semua selesai bimbingan proposal dengan siswa, selanjutnya anda semua bertugas membimbing siswa kelas riset untuk mendaftar ke myres 2022. Jadi nanti anda semua berkewajiban mendaftarkan siswa bimbingannya mulai dari melengkapi persyaratan hingga mengunggah proposal.” tutur Yuniyati, wakil kepala urusan kurikulum.

Proposal yang sudah dibuat oleh siswa dan pembimbing ini kemudian disesuaikan dengan ketentuan myres. Semoga dengan mengikuti ajang myres ini siswa kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara semakin termotivasi untuk terus meneliti. Target mengikuti myres kali ini adalah masuk 50 besar.

“Harapan kita semoga ada yang bisa masuk final. Kalaupun tidak semoga ada siswa kita yang proposalnya masuk dalam 50 besar. Ini adalah harapan kami supaya siswa terus semangat meneliti.” pungkas Tri Widayati. (Rin/ak/rf)