Hari Pertama AKMI di MIN 6 Brebes Lancar  

Brebes-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H. Fajarn, M.Pd pada Senin, (19/09/2022) melaksankaan montoring dan evaluasi kegiatan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) di MIN 6 Brebes.

H. Fajarin mengungkapakan bahwa AKMI dikhususkan bagi siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah yang akan digunakan sebagai metode penilaian yang menyeluruh untuk mendeteksi kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk didalamya survei karakter.

“Hasil asesmen ini digunakan madrasah, baik itu  dewan guru maupun pengelola madrasah untuk meningkatkan layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya sebagai dasar untuk menyusun rancangan proses belajar mengajar,” ungkap pria yang makan asam garam dunia pendidikan di Pemalang.

AKMI di MIN 6 Brebes yang dikuti oleh 67 siswa akan dilaksanakan selama 7 hari, dimulai Senin-Senin, (19-26/09/2022), hal tersebut dengan disesuai sarana prasarana yang ada di MIN 6 Brebes dengan harapan pelaksaknaanya dapat berjalan lancar.

Di MIN 6 Brebes diterima langsung oleh Kepala Madrasah, H. Juraemi, yang pada kesempatan tersebut melaporkan pelaksanaan AKMI dan langkah-langkah antisipasi supaya kegiatan tersebut dapat berjalan tanpa terkendala sehinga dapat menghasilkan AKMI yang objekif yang tercermin dari hasil AKMI dari para siswa kelas 5 di MIN 6 Brebes.

“Penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid kelas 5  MIN 6 Brebes sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat,” terang H. Juraemi.

Kepala Kemenag Brebes  berkesempatan meninjau secara langsung untuk cek dan ricek pelaksanaan AKMI ketika sesi pertama sedang jeda untuk beristirahat.  “AKMI yang dilaksanakan oleh MIN 6 Brebes, saya berharap dapat berjalan dengan sukses, dimana AKMI mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 MI.”  jelas Fajarin di MIN 6 Brebes di pagi menjelang tengah hari.

Acara monev ditutup dengan berkeliling lokasi dan menyaksikan suasana MIN 6 Brebes, yang cukup kondisif untuk Kegiatan belajar mengajar walaupun berdekatan dengan rel PT KAI. (Hid/Sua)