Ikhsanudin Bagikan 5 Tips Persiapan PAS Secara Efektif

Banjarnegara – Senin, (28/11/22) jelang pelaksanaan Penilaian Akhir Semester, Waka Kurikulum MTs N 1 Banjarnegara Ikhsanudin mengajak siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara membahas tips ujian.                             

“Nah, kali ini saya akan memberikan tips menghadapi ujian semester supaya bisa menaklukkan Penilaian Akhir Semester (PAS).” terang Ikhsanudin saat ditemui di MTs N 1 Banjarnegara.

Hal yang perlu dilakukan adalah hindari sistem kebut semalam, “Tips menghadapi ujian semester yang pertama adalah jangan belajar materi ujian PAS dengan sistem SKS atau sistem kebut semalam. Sebagai seorang siswa, kadang-kadang kita sering menunda belajar karena merasa ujiannya masih lama. Tapi, ternyata itu adalah hal yang salah.”  tandasnya.

Sebagaimana diketahui, melansir dari td.org, memori manusia itu terbatas dalam mengingat sesuatu. Untuk bisa memahami sesuatu secara menyeluruh, cara paling maksimal adalah dengan melakukan praktik langsung.

Tips yang kedua adalah Memaksimalkan Waktu Belajar di Rumah, “Daripada gabut dan buang waktu scroll timeline sosmed, akan lebih baik kalau siswa Madtsansa gunakan waktu luang buat nyicil belajar di aplikasi bimbel online.

Kemudian Tips yang ketiga Buat Grup Belajar Bareng Teman, Selain semangat untuk belajar materi ujian PAS, hal lain terkait persiapan menghadapi ujian semester yang harus kamu ingat adalah membangun hubungan atau circle yang positif dan bisa menjadi penyemangatmu dalam menghadapi ujian PAS.

Tahap selanjutnya dalam hal persiapan menghadapi ujian semester adalah membuat grup belajar materi ujian PAS dengan teman-teman.

“Tidak jarang, semangat belajar kita tumbuh berkali-kali lipat saat kita belajar bersama teman,” ujar Ikhsan.

Di tahap yang terakhir dalam menghadapi PAS adalah selalu Berdoa Supaya Nilai Rapor Bagus,

“Nah, tips persiapan menghadapi ujian semester yang tak kalah penting adalah berdoa. Seorang penulis kenamaan asal Amerika Joyce Meyer pernah berkata mengenai kekuatan doa di dunia nyata, ini katanya: ‘Doa tidak hanya mengubah sesuatu – itu mengubah kita. Jika kita tekun mencari Tuhan, perlahan dan pasti, kita menjadi orang yang lebih baik’. Berdoa bisa menjadi salah satu cara menghadapi ulangan dan agar nilai ulangan bagus.” tegurnya.         

Dan perlu untuk diingat, cara mempersiapkan diri menghadapi ujian besok bukanlah yang semalam untuk atau asal cepat. (ran/rf)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist