081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pembina DPW FKDT Jawa Tengah: Berorganisasi Harus Memiliki Sikap Moderasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Oleh: Ahmad Sururi (Wasekjen FKDT Jateng)

FKDT Jawa Tengah sebagai forum yang bermitra dengan Kementerian Agama harus bisa mengembangkan sikap moderasi dalam berorganisasi. Dalam organisasi ada AD ART dan Peraturan organisasi yang menjadi pedoman bagi pengurus untuk menjalankan organisasi. Namun demikian sikap moderasi pengurus sangat penting dalam menggerakkan FKDT. Dengan sikap moderasi itulah akan banyak diterima oleh beberapa lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah.

Sikap washatiyah (moderat) merupakan cerminan seorang organisatoris yang mengedepankan nilai-nilai Akhlakul Karimah. Sebagaimana FKDT saat sekarang dibawah komando Kyai Abdul Rahman, seorang kyai yang tawadlu dengan mengedepankan akhlak dan moral yang tinggi dalam pergaulan.

Selanjutnya FKDT dengan kepengurusan yang baru tentu tidak lepas dari beberapa program yang bersifat melanjutkan. Disinilah kita memakai kaidah, “Al Mufadzatu ala Qodimis Sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah”, mempertahankan tradisi lama yang masih baik dan berinovasi dalam program yang lebih relevan (lebih baik).

Sebagai ormas yang menegakkan kebaikan tentu berpegang pada konsep Al haqu bila nidzom yughlibuhul batil bin nidzom. Kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan dengan kejahatan yang tersistem. Demikian disampaikan Hj Aini Sa’ adah selaku Ketua Tim MDT Kanwil Kemenag Jawa Tengah sekaligus selaku Pembina DPW FKDT Jawa Tengah saat membersihkan pengarahan dihadapkan peserta Rakorwil DPW FKDT Jawa Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh DPC FKDT Kec./Kota se Jawa Tengah dilaksanakan di Madin Al Mukhlisin Nyatnyono Kab. Semarang /Ungaran pada hari Ahad,  (5/02/ 2023).  Seluruhnya dewan Harian   DPW FKDT Jawa Tengah hadir dalam acara tersebut beserta seluruh Ketua dan anggota Departemen dibawah DPW FKDT Jawa Tengah. Pelantikan Departemen dibawah FKDT Jawa Tengah dilakukan di atas panggung kehormatan oleh Ketua DPW FKDT Jawa Tengah, Kyai Abdul Rahman.

Dalam sambutannya Kyai Abdul Rahman memohon agar seluruh departemen yang hari ini dilantik bisa berkhidmat dengan tulus.  Kami berharap seluruh pengurus bisa berkhidmat dengan ikhlas dan tulus. Hari kita akan menyusun program kerja departemen. Saya berpesan agar dalam penyusunan program kerja dalam satu periode tidak terlalu muluk muluk namun apa yang sekiranya kita mampu dan bisa mari kita programkan, tegas Ketua DPW FKDT Jawa Tengah.(hid/Sua)