Dibimbing Pustakawan Untidar Magelang, MI Al Iman Gunakan Aplikasi SLiMS Untuk Kelola Perpustakannya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Keberadaan perpustakaan di madrasah merupakan aset penting karena menjadi gudang dari ilmu pengetahuan. Perpustakaan juga berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas prestasi baik bagi siswa maupun institusinya.

Selain menjadi salah satu pusat sumber balajar, perpustakaan juga merupakan bagian intergral dari pendidikan di madrasah yang bertujuan mendukung proses kegiatan belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Menyadari akan kemanfaatnnya, MI AL Iman Kota Magelang membangun kerjasama untuk mengembangkan perpustakaanya dengan Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang. Sebagai langkah awalnya yakni dengan mengadopsi penggunaan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System), untuk meningkatkan layanan dan manajemen administrasi perpustakaan yang lebih baik.

Saat beraudiensi di gedung perpustakaan Untidar Magelang (Jum’at, 12/8),  Kepala MI AL Iman Kota Magelang menyatakan bahwa madrasahnya membutuhkan bimbingan yang intens dalam mengelola perpustakaan. Selain itu ia juga bersyukur atas kesediaan pihak Untidar Magelang yang berkenan membantunya.

“Kami akan beralih mengelola perpustakaan dengan memanfaatkan media digital yang ada, sehingga memudahkan bagi yang membutuhkan.  Alhamdulillah para pustakawan Untidar Magelang bersedia membimbing kami untuk mewujudkannya,” tutur Lilik Fatkhu Diniyah.

Lebih lanjut dikatakan banyak alasan mengapa kami ingin menggunakan aplikasi SLiMS dalam mengelola perpustakaan.

” Aplikasi berbasis web ini gratis dan canggih. Fiturnya juga lengkap. Bersifat opensource atau terbuka, berbagai pihak dapat ikut mengembangkan aplikasi ini. Makanya, kami bekerja sama dengan pustakawan Untidar Magelang untuk pengembangan perpustakaan kami,” ungkapnya kemudian.

Harapannya, dengan penggunaan aplikasi SLiMS ini madrasah dapat memahami dasar-dasar pengelolaan administrasi perpustakaan dan sistem kearsipan. Jika suatu saat diadakan akreditasi perpustakaan, maka kami telah menerapkan sistem apengelolaan perpustakaan dengan berbasis aplikasi. (Lilikfathu/Hari/rf).