Tiga Hari Ikuti Kursus Scouting Skill, Duta Madtsansa Dinyatakan Tuntas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara -Tiga hari sudah pelaksanaan kursus scouting skill di kwartir cabang Banjarnegara. Ini menandakan bahwa pelaksanaan kursus scouting skill sudah harus diakhiri. Sabtu (27/8) di sanggar pramuka kwartir cabang Banjarnegara para peserta kursus mengikuti upacara penutupan. Tentu saja upacara penutupan ini dihadiri oleh pengurus kwartir cabang Banjarnegara.

Selama tiga hari berturut-turut 48 pembina pramuka dari pangkalan SMP/MTs/Sederajat se-Banjarnegara mengikuti kursus scouting skill, tidak terkecuali Farida dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Kursus ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas kepramukaan di pangkalan masing-masing. Beberapa ilmu yang disampaikan selama tiga hari ini merupakan hal dasar yang mestinya dikuasai oleh para pembina. Sebelum upacara penutupan dimulai terlebih dahulu diadakan open kuorum. Open kuorum ini bertujuan untuk menyampaikan beberapa hal berkait pelaksanaan kursus selama tiga hari.

“Semakin hari kepulangan kita semakin sore. Ini menandakan antusias peserta semakin meningkat. Yang mungkin dari pangkalan datang ke sini karena keterpaksaan ternyata di sini bisa menikmati. Silakan setelah kakak semua pulang dari sini untuk bisa menyampaikan kepada adik-adik di pangkalan masing-masing apa yang kakak-kakak dapatkan,” ujar Tapsirun, pengurus kwartir cabang Banjarnegara.

Open kuorum dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan selama kegiatan kursus. Farida menyampaikan kesan pesan ini di depan para peserta lain. Banyak peserta yang semakin hari semakin ingin tahu lebih banyak tentang ilmu kepramukaan. Ilmu yang disampaikan selama tiga hari ini ternyata masih sangat kurang.

“Kami harap akan ada tindak lanjut dari pelaksanaan scouting skill kali ini. Mewakili kakak-kakak pembina di sini saya menyampaikan bahwa ternyata tiga hari ini masih sangat kurang jika untuk kursus scouting skill. Harusnya paling tidak seminggu untuk menuntaskan materi kita yang sejak kemarin pasti dibatasi waktu,” tuturnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan. Dalam upacara penutupan ini Tapsirun selaku perwakilan dari kwartir cabang Banjarnegara menyatakan semua peserta scouting skill kali ini tuntas dan perlu ada tindak lanjut guna meneruskan menambah pengetahuan dan keterampilan. (Rin/ak/rf)