Ny. Hj. Heni Maryam Maemoen Wafat, Begini Kesan Gus Baha’

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Pengasuh Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang, Ny. Hj. Heni Maryam Syafa’ati telah wafat pada Kamis 1 September 2022 atau bertepatan pada 4 Shafar 1444 H.

Nyai Hj. Heni Maryam menyusul kepergian suami, almarhum KH Maemoen Zubair yang telah dulu berpulang ke rahmatullah pada tahun 2019. Suasana duka tampak memenuhi kompleks ponpes Al-Anwar Sarang hingga pemakaman pada malam harinya sekitar pukul 22.00 WIB.

Ribuan petakziyah dan santri juga wali santri tampak memadati kompleks ponpes Al-Anwar yang terletak di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Rembang. Para pentakziyah tak kuasa menahan air mata kepedihan dengan berpulangnya Nyai Heni Maryam yang dikenal sebagai sosok yang ahli sedekah dan silaturahmi ini.

Setelah pelayat menyolati jenazah, diadakan prosesi pemberangkatan jenazah menuju makam. KH Bahaudin Nursalim memberikan sambutan. Mewakili keluarga, beliau memintakan maaf atas segala kekhilafan almarhumah. Gus Baha juga terkesan kepada kepribadian Ny. Hj. Heni Maryam. “Tiyang engkang thoyyib, pikantuk tiyang engkan thoyyibah juga,” kata Gus Baha’.

Ungkapan tersebut artinya, orang yang baik (Mbah Maimun) mendapatkan istri yang baik juga (Ny. Hj. Heni Maryam).

Dengan diantar dengan mobil ambulance diiringi oleh ribuan pelayat dan santri, Hj. Heni Maryam dimakamkan di kompleks Ponpes Al-Anwar 2, Desa Gondan, Kecamatan Sarang. Beliau dimakamkan bersebelahan dengan makam cucunya yang telah wafat, Agus Robah Ubab Maemoen Zubair.  — iq/rf