MIN 1 Kendal Ziarah Makam Tokoh Karismatik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MIN 1 Kendal ikut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022. Pada hari Sabtu (22/10) MIN 1 Kendal diperingatinya dengan menziarahi makam tokoh perintis NU Kabupaten Kendal, yaitu KH. Ahmad Abdul Hamid. Sebanyak kurang lebih 270 siswa terdiri dari kelas 5 dan 6 mengikuti kegiatan tersebut dengan didampingi Kepala MIN 1 Kendal dan wali kelas .

KH. Ahmad Abdul Hamid merupakan tokoh agama yang mempunyai kiprah luar biasa. Beliau sebagai pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah pernah menjadi Rais Syuriah PWNU Kendal. Beliau juga lah yang menyusun kalimat Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamith Thariq yang biasa diucapkan di penutup-penutup sambutan atau mauidhoh hasanah.

Subiyono, Kepala MIN 1 Kendal mengatakan tujuan kegiatan ziarah ini adalah sebagai refleksi penyemangat para siswa madrasahnya untuk selalu optimis menggapai cita-cita dan selalu percaya akan kemampuan diri yang dimiliki.

“Seperti kata pepatah Jasmerah artinya jangan sekali-kali melupakan sejarah, salah satunya dengan ziarah ini kita mengenalkan anak anak dengan tokoh agama untuk selanjutnya meneladani semangat perjuangannya,” jelasnya.

Meski akses jalan dari MIN 1 Kendal menuju makam KH. Ahmad Abdul Hamid di TPU Grabag tergenang banjir, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengenang jasa tokoh kharismatik Kendal tersebut. Segenap siswa tampak dengan hidmat mengikuti kegiatan hingga selesai.

Adapun siswa kelas 1-4 MIN 1 Kendal ikut memperingati HSN dengan memakai pakaian ala santri pada hari tersebut. Selain itu, sebelum KBM dimulai, mereka menerima paparan dari masing-masing wali kelas tentang sejarah singkat resolusi jihad yang menjadi cikal bakal peringatan Hari Santri Nasional. (Ikhsan/zh/bel/bd)