MTsN 2 Rembang Evaluasi Gelar Karya Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs N 2 Rembang – Menindaklanjuti pelaksanaan Gelar Karya Siswa yang telah dilaksanakan pada akhir semester gasal (24/12/2022), Kepala MTs Negeri 2 Rembang memberikan apresiasi dan evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. Bersama dengan Wakil Kepala Madrasah dan Dewan Guru, pada Selasa (17/01/23) Yunus Anis menyampaikan ulasan dalam mengevaluasi pelaksanaan Gelar Karya Siswa sebagai kegiatan perdana dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Pemberlakuan kurikulum merdeka menjadi salah satu tujuan untuk mewujudkan program Merdeka Belajar bagi siswa serta guru. Kurikulum ini terdiri dari kegiatan intrakurikuler seperti kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas bersama guru serta pengerjaan proyek (project based learning). Sebagai bentuk implementasi project penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka MTs Negeri 2 Rembang mengadakan gelar karya untuk para siswa yang masih duduk di bangku kelas tujuh,” kata Anis.

Siti Hartatik sebagai Guru Pendamping Kelompok, mengatakan, karya-karya inovasi yang telah ditampilkan siswa dalam gelar karya ini yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ramah lingkungan. ”Ada 5 (Lima) kelompok siswa kelas VII yang ikut dalam gelar kaya ini. Karya yang diwujudkan selain di kemas dalam bentuk karya seni dan sastra juga ada yang mengemas dalam bentuk kuliner,” jelas Hartatik.

Kegiatan yang digelar selama satu hari mengambil tema tentang kewirausahaan. Sehingga kemandirian dan mental wirausaha para siswa bisa terasah dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang bernilai jual.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis menjelaskan, dalam kurikulum merdeka, sebanyak 20 sampai 30 persen jam pembelajaran dalam satu tahun dialokasikan untuk mengerjakan proyek kelompok guna mengatasi permasalahan dalam dunia nyata. ”Gelar karya bertema kewirausahaan ini diharapkan jadi pemantik siswa untuk meningkatkan jiwa kewirausahaannya,” ujarnya.

Kegiatan project based learning dinilai bukan hanya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan seru, namun juga membantu guru serta siswa untuk mengembangkan karakter dan soft skill. “Dengan begitu, kegiatan pembelajaran juga jadi lebih bermakna,” kata Yunus Anis.

Ia berharap, Gelar Karya Siswa ini akan menjadi program rutin madrasah di akhir semester dengan tema yang berbeda-beda pada tiap semester.

Dijelaskan pula, Gelar Karya Siswa ini dengan penuh antusias oleh orang tua/wali siswa dan masyarakat sekitar. Adanya kegiatan gelar karya ini, diharapkan menjadikan siswa-siswi MTs Negeri 2 Rembang semakin tertarik untuk mengembangkan karya sesuai dengan potensinya masing-masing.melalui implementasi kurikulum merdeka. (Wient/iq/rf)