Talkshow Berkah Ceting “Belajar Rahasia Nikah dan Cegah Stunting” Kakanwil Motivasi Ratusan Pelajar di Cilacap

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 


Cilacap (Humas)-Stunting adalah kekurangan gizi kronis pada bayi di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Tingginya kasus stunting di Kabupaten Cilacap menginisiasi Kankemenag Kabupaten Cilacap untuk menyelenggarakan Talk Show bertajuk BERKAH CETING Belajar Rahasia Nikah dan Cegah Stunting (bagi remaja usia sekolah) pada Jumat, (27/1).

Kegiatan ini disambut baik dan mendapat apresiasi dari Pj. Bupati Cilacap, yang secara langsung sangat membantu Pemkab Cilacap melalui kolaborasi antara Pemkab Cilacap dengan Kementerian Agama.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng ajak para remaja untuk mencintai negeri dengan mulai mengkonsumsi makanan lokal yang sehat dan belum terkontaminasi zat zat kimia,

“Jaga diri agar sehat sedari remaja, karena dengan tubuh yang sehat kelak akan melahirkan generasi generasi yang sehat pula. Kondisi kekinian yang kita temui adalah kondisi kemandirian anak-anak kita yang cenderung menurun, dan ini adalah kondisi yang berbahaya dalam membangun rumahtangga, karena dalam membangun rumahtangga bukan hanya masalah berani tapi berencana, nikah dengan rencana,” ujar Musta’in.

Sekretaris Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagan Anak (KBPPPA) Kab. Cilacap Farid menyampaikan, “Kapan menikah, kapan punya anak, berapa jumlah anak ini harus direncanakan dengan usia ideal menikah 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk lali-laki sebagaimana upaya Pendewasaan Upaya Perkawinan (PUP) yang terus disosialisasikan,” ujarnya.

Ratusan pelajar di Kabupaten Cilacap yang terdiri dari pelajar MA/SMA sangat antusias mengikuti acara yang dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap (27/1). (ps/rf)