Humas Kankemenag Usulkan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Catin Kepada Dinkes Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Mewakili Kepala kantor, Humas Kankemenag Kota Magelang menghadiri kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) Penyusunan RKPD Tahun 2024 Dinas Kesehatan Kota Magelang diruang rapatnya JL. Sarwo Edhi Wibowo No. 2 , Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, (Jum’at, 17/2).

Dinkes Pemerintah Kota Magelang memulai proses penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tahun anggaran 2023. FGD kali ini melibatkan baik pihak internal maupun intansi eksternal, termasuk didalamnya Kemenag Kota Mageng.

Sebelum membuka FGD Penyusunan RKPD Tahun 2024, Kepala Dinkes Kota Magelang menyampaikan bahwa forum ini merupakan rangkaian penyusunan RKPD yang bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD.

Ia juga meminta kepada para peserta untuk berpartisipasi aktif berikan saran dan mendiskusikannya agar hasilnya dapat direalisasikan dengan tepat sasaran. Forum ini digelar untuk menjaring aspirasi dari seluruh pihak untuk pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Di sesi pembahasan dan usulan program, Humas Kankemenag Kota Magelang mengusulkan pemberian keringanan biaya yang ditanggung oleh calon pengantin terkait dengan layanan kesehatan saat mereka akan menikah.

“Salah satu layanan kesehatan bagi masyarakat yang berhubungan dengan layanan dari Kementerian Agama adalah pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin, biasanya berupa suntik TT,  HIV, dan HPV. Jika memungkinkan mohon berikan dengan bebas biaya, atau setidaknya dengan biaya yang lebih ringan,” jelas Hari Suryono.

“Untuk layanan nikah di KUA Kecamatan se-Indonesia sudah gratis atau tanpa biaya. Hal ini tidak lain agar masyarakat tidak terbebani, karena banyak pula calon pengantin yang berasal dari keluarga tidak mampu. Jika layanan kesehatannya juga bisa gratis, tentunya akan lebih menyejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Sebagai penutup kegiatan, perwakilan peserta dari lintas sektoral melakukan penandatanganan berita acara pelaksanaan forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Dinkes Kota Magelang tahun 2024. (Hari/rf).