Terbangun di 2025, Pembangunan Pelabuhan Onshore On The Track

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan memastikan rencana adanya pembangunan Pelabuhan Onshore di Kota Pekalongan. Pelabuhan Onshore ini dibangun sebagai upaya untuk mengembangkan Kota Pekalongan sebagai kawasan minapolitan dan meningkatkan hasil produksi perikanan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan,  Sugiyo mengungkap bahwa, rencana pembangunan Pelabuhan Onshore masih on the track. Berdasarkan informasi dari Koordinator Tim DJPT KKP RI, Hendrawan bahwa Pelabuhan Onshore akan dibangun di Tahun 2025 dan hingga kini belum menemui kendala.

“Posisi masih tetap sama dibangun di sekitar Pantai Slamaran dan yang bangun dari Jaica. Di akhir Tahun 2022 lalu, sudah dilakukan proses loan agreement oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Saat ini di Tahun 2023 masih perencanaan desain dan inshaAllah bisa dibangun di Tahun 2025. Sebetulnya tidak ada kendala hanya menunggu waktu saja,” terangnya, Selasa siang (7/3/2023).

Menurutnya, sebelum adanya pembangunan Pelabuhan Onshore, Pemkot harus terlebih dahulu membangunkan akses jalan menuju Pelabuhan Onshore. Pemkot kini tengah merumuskan akses jalan yang terdekat dan termurah. Harapannya, akses jalan tersebut nantinya tidak memerlukan adanya pembebasan lahan warga sekitar.

“Pemkot sudah menyiapkan rencana pembangunan akses jalan yang tembus ke exit tol  Trans Jawa.” pungkasnya. (Tim KP/Ant).