Hari Terakhir PTS dan PAT MTs Negeri 1 Banjarnegara, Nurlaela Laksanakan Monitoring dan Evaluasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas 7 dan 8, serta Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas 9 MTs Negeri 1 Banjarnegara berlangsung selama satu minggu. Pelaksanaan PTS dan PAT ini tidak lepas dari pengawasan yang langsung ditinjau oleh pengawas MTs/MA Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Nurlaela. Beliau melaksanakan monitoring dan evaluasi berkait pelaksanaan PTS dan PAT di MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Sabtu (1/4).

Sudah menjadi tugas rutin Nurlaela sebagai pengawas untuk melaksanakan kewajiban yaitu memantau berjalannya PTS dan PAT. Kali ini beliau bertugas di MTs Negeri 1 Banjarnegara dengan didampingi oleh wakil kepala urusan kurikulum, Yuniyati. Hal pertama yang Nurlaela monitor adalah soal, kisi-kisi, dan kunci jawaban masing-masing mata pelajaran.

“Untuk pembuatan soal masih ada yang perlu diperbaiki. Soal yang dibuat harus terdapat beberapa butir yang masuk kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Melalui kegiatan PTS maupun PAT kita harus bisa mengajak siswa untuk berpikir kritis. Ke depannya diharapkan bapak ibu guru bisa membuat soal yang bisa mengantarkan siswa untuk berpikir kritis,,” jelas Nurlaela.

Sebagai wakil kepala urusan kurikulum, Yuniyati menanggapi apa yang disampaikan Nurlaela dengan penuh pemahaman. Hal ini menjadi bekal bagi Yuniyati untuk disampaikan kepada guru MTs Negeri 1 Banjarnegara. Pelaksanaan PTS dan PAT di MTs Negeri 1 Banjarnegara menggunakan mode digital. Siswa mengerjakan menggunakan gawai masing-masing dengan cara membuka tautan google form yang sudah dibagikan panitia.

“Hari ini mendapat banyak pesan dan evaluasi dari Ibu Nurlaela. Tugas saya selanjutnya adalah menyampaikan semua kepada guru MTs Negeri 1 Banjarnegara supaya nanti ada tindak lanjut. Masih ada agenda berikutnya untuk menerapkan soal-soal HOTS di mata pelajaran masing-masing,” pungkas Yuniyati. (Rin/ak/rf)