Rakor Virtual Akselerasi Program Prioritas Kementerian Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Guna menindaklanjuti arahan Menteri Agama terkait dengan akselerasi program prioritas Kementerian Agama, pejabat dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, mengikuti rapat koordinasi akselerasi program prioritas Kementerian Agama, Kamis (04/05).

Rapat Virtual Koordinasi Kementerian Agama Tahun 2023 terkait akselerasi program prioritas Kementerian Agama dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI Bapak H. Yaqut Cholil Qoumas. Dalam rapat ini membahas tentang 7 program prioritas Kemenag.

“Dalam rapat ini kita akan membahas tentang tujuh program prioritas Kemenag yang telah disepakati pada Rakernas Kemenag yang digelar Februari 2023. Tujuh program prioritas tersebut, yaitu : Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi digital, tahun toleransi beragama, revitalisasi KUA, religiosity index, kemandirian pesantren dan Cyber Islamic University,” ujarnya.

Menteri Agama membahas satu persatu 7 program prioritas utama Kemenag ini dengan terperinci. Ada beberapa kendala terakit 7 program prioritas utama Kemenag ini sehingga Gus Menteri memohon agar saling kerja sama dengan stakeholder lainya.

“Saya minta program yang ada harus melibatkan seluruh stakeholder. Harus dirasakan manfaatnya, bukan hanya formalitas,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Menag menyoroti terkait dengan isu sertifikasi halal dan haji yang banyak muncul di sosial media. Kemenag berharap Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membuat terobosan untuk mencapai target pemberian fasilitasi sertifikasi halal gratis (SEHATI). Sementara terkait pelayanan haji, Gus Menteri meminta seluruh jajarannya memberi perhatian khusus, mengingat penyelenggaraan haji tahun ini akan dibuka untuk kuota penuh serta isu-isu terkait haji jangan sampai muncul lagi di sosial media.

Hadir dalam rapat virtual penting ini para pejabat eselon IV Kantor Kemenag Kab. Temanggung,  Kasi, Penyelenggara, Kepala KUA se Kab. Temanggung dan Kepala Madrasah Negeri di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Temanggung.(sr/rf)