Lanjutkan Bimbingan Tingkat Kabupaten KUA Kecamatan Limpung Dan Banyuputih Gelar Manasik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Dua KUA Kecamatan di Kabupaten Batang mengggelar bimbingan manasik haji tingkat kecamatan bagi Jamaah Calon Haji tahun 1444 H atau 2023 M di RM. Tirta Asri Sempu Limpung pada Senin,( 15/5). Hadir pada acara itu Kepala KUA,jajaran Forkomcam Limpung serta jamaah calhaj dari kecamatan Limpung dan Banyuputih sebanyak 119 orang. Sebagai pembimbing kali ini menghadirkan narasumber H. Amir Aziz Kepala KUA Kecamatan Limpung dan dr. Hendrawan permadi dari Kesehatan.

Dalam materinya Kepala KUA Kecamatan Limpung H. Amir Aziz menyampaikan bahwa manasik haji tingkat kecamatan yang dilaksanakan ini merupakan kelanjutan dari manasik haji kabupaten yang telah diselenggarakan Kemarin. Menurutnya manasik haji ini peserta akan mengikuti serangkaian simulasi ibadah haji selama sepekan kedepan, tujuannya agar para jamaah calon haji memiliki bekal yang cukup untuk menjalankan rangkaian ibadah haji sejak dari tanah air, ketika di tanah suci hingga kembali lagi di tanah air.

”Manasik haji menjadi wahana mempersiapkan diri, baik fisik dan mental dalam menjalankan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur. Insya Alloh manasik ini akan membantu kelancaran jamaah di saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci,” tandas Amir Aziz.

Dia juga menegaskan jamaah haji perlu memahami tahapan-tahapan yang akan dilakukan mulai dari pemberangkatan, setibanya di tanah suci hingga syarat dan rukun haji, untuk itu di manasik inilah calhaj akan diberikan pemahaman tentang itu.

“Calon jamaah haji akan dibekali baik dari prosespelaksanaan, pemberangkatan, di asrama haji, di pesawat sampai nantipelaksanaan haji nanti di tanah suci, intinya agar para jamaah bisa mandiri dan tidak bergantung dengan jamaah lainnya,”lanjutnya.

Sementara itu dr.Hendrawan parmadi menyampaikan materi tentang Pencegahan dan pengendalian penyakit. Menurutnya calhaj selain memiliki pemahaman tentang rukun haji juga harus memiliki kebugaran yang cukup

“Selain menguasai rukun dan wajibnya berhaji, para jamaah juga diharapkan mempunyai kebugaran yang prima. Cuaca di Makkah dan Madinah sangatlah berbeda, suhunya bisa mencapai lebih dari 450 celcius. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dan tingkatkan stamina mulai sekarang.  minum nutrisi yang banyak untuk menjaga stamina,” ujar dr.Hendrawan permadi.

Agar para calhaj tidak jenuh dan mengantuk, dengan piawai ia juga mengajak peserta manasik haji untuk senam bersama sehingga memunculkan riuh tawa sebagai ungkapan kebahagiaan. (Ut fahrozi,Ainun Najib/Zy_humas/rf)