Bacakan Amanat Harkitnas, Kakankemenag Sampaikan Tiga Cita-Cita Kebangkitan Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Hari Kebangkitan Nasional yang dicetuskan oleh Boedi Oetomo diperingati secara khidmat oleh segenap pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Pada Senin, (22/5/2023), pegawai Kemenag Rembang mengikuti upacara Harkitnas dengan khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Kafit. Kakankemenag membacakan amanat Menkominfo tentang Harkitnas.

Kakankemenag menjelaskan, Hari Kebangkitan Nasional diprakarsai oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA). Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu.

“Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional,yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang 2 sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak – mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” paparnya.

Kakankemenag menyampaikan terima kasih kepada segenap pegawai, ASN Kemenag Rembang yang telah mengikuti upacara dengan khidmat. Upacara diisi dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan UUD 1945, menyanyikan syukur, dan lagu-lagu kebangsaan, diakhiri dengan do’a. — iq